Selasa, 19 Februari 2013

Shinhwa Broadcast

di pos saya terdahulu, saya sempat menceritakan kesukaan saya terhadap variety show di korea selatan, yaitu WGM, Running Man, dan Family Outing. nah sekarang saya sedang tergila-gila dengan variety show yang bernama Shinhwa Broadcast. jika running man, family outing, ataupun wgm merupakan variety show yang dibawakan oleh anggota tetap yang terdiri dari beberapa kelompok, dari komedian, aktor dan artis, penyanyi maka shinhwa broadcast atau yang biasa disingkat shinbang atau SB ini memiliki anggota tetap yang terdiri dari kelompok boyband bernama shinhwa. yang menarik dari shinhwa ini adalah mereka kelompok boyband yang memulai debutnya tahun 1998 dan sampai sekarang tahun 2013 ini mereka masih bertahan. ini menjadikan mereka satu-satunya kelompok boyband yang bertahan paling lama dan tidak pernah berganti personel. fakta ini membuat saya terperangah dan langsung jadi ngefans mereka! biasanya, sebagaimana pun saya suka korea, saya tidak pernah jadi ngefans mereka, pasti hanya sekedar suka aja. tapi si bapak-bapak idol ini berhasil banget bikin saya jatuh hati sama mereka.

well, balik lagi ke shinhwa broadcast ini, mereka sudah tayang sampai 48 episode sekarang di korea nya. sementara yang sudah disub nya setau saya sudah 47 episode (walau episode 44 dan 46 nya belum disub) dan saya sudah nonton semua episode yang sudah ada sub nya hehehe. sumpah, variety show yang ini kocak banget. selain kocak, penonton juga disuguhkan pemainnya yang ganteng dengan badan oke oke serta sama sekali ga tau malu dan ga menye menye hahahahaha... dari episode 1-31, shinbang ini memiliki konsep melakukan re-make terhadap variety show yang pernah ada, misalnya family outing menjadi shinhwa outing. ada juga shinhwa fashion show, shinhwa hallyu war vs super junior dan lain-lain. kemudian pada episode 32, ada recap mengulang beberapa adegan menarik dari beberapa episode yang kocaknya ga tanggung-tanggung. lalu pada episode 33 sampai episode 44, konsep acara ini berubah menjadi private study dengan panggung dimana penonton langsung menonton idola mereka. semenjak episode 33 ini juga, jam tayang acara ini di korea berubah dari hari sabtu jam 11 malam (sebelumnya sempat jam 10) menjadi hari minggu jam 19.40 KST (Korean South Time atau waktu korea selatan). acara ini ditayangkan di JTBC (Joongang Tongyang Broadcasting Company) semacam channel seperti SBS atau MBC atau KBS yang sudah terlebih dahulu kita kenal tetapi channel jTBC ini katanya merupakan saluran kabel sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya sepeti SBS atau MBC atau KBS. sementara itu dari episode 45 sampai yang terbaru, saya merasa ada sedikit perubahan. gak melulu jadi private study lagi tapi ada kocak-kocaknya campuran dari beberapa game dari episode-epidode awal dahulu. well, mau seperti apa pun konsep acaranya, selama acaranya tetap seru dan memberikan pengetahuan, kenapa tidak?

berikut ini mari kita bahas member shinhwa yang menjadi anggota tetap acara ini (diurutkan berdasarkan umur)
1. Eric
Eric atau yang bernama asli Mun Jung Hyuk merupakan lead rapper pada grup shinhwa dan juga merupakan leader dari grup tersebut. pada acara shinbang ini, eric lebih bersikap sebagai observer dan membiarkan anak-anaknya untuk berkembang dan kemudian ikut berpartisipasi. akan tetapi ketika diminta melakukan sesuatu, ia akan melakukannya dengan sebaik mungkin. eric sangat disukai di korea selatan oleh para wanita. selain karena fisiknya yang sempurna (catatan: berdasarkan pengakuan mereka, eric termasuk member yang tidak pernah melakukan operasi plastik karena wajahnya memang sudah menawan). selain itu eric juga dikatakan sebagai leader 4D oleh para fans nya karena tingkah laku nya yang memang ajaib seperti marah ke nyamuk kenapa wajah nyamuk itu jelek sekali --"

si cute leader ini baru saja berulang tahun tanggal 16 Februari kemarin. pada awal kemunculan mereka sebagai boy band banyak yang tidak menyangka bahwa eric adalah leader boy band tersebut karena dia lebih sering diam dimana member lain yang lebih aktif. akan tetapi saya rasa shinhwa tidak akan menjadi shinhwa yang sekarang jika bukan karena eric lah sebagai leadernya. salah satu quote favorit saya terkait eric adalah "hanya ada satu eric di shinhwa". dasar, boy band tua, karena persahabatan mereka begitu kuat, saya benar-benar terpesona dengan mereka sebagai satu kesatuan.

2. Minwoo
anggota shinhwa yang tertua kedua adalah  Lee Min Woo. terdaftar lahir tanggal 28 Juli 1980, minwoo sebenarnya lahir tahun 1979 tetapi baru terdaftar satu tahun kemudian. karena tidak mau memanggil anggota yang lain sebagai hyung, dia kemudian menunjukkan foto bukti dia sebenarnya kelahiran 1979. minwoo merupakan main dancer pada grup boy band ini dan merupakan salah satu dari 2 orang terawal yang diajak bergabung oleh lee soo man, bos SM untuk solo karir. akan tetapi karena mereka berasal shinhwa maka mereka tetap ingin tergabung dalam satu shinhwa sehingga mereka memutuskan untuk menolak penawaran tersebut dan memutuskan pindah ke manajemen artis yang lain agar mereka tetap bisa menjadi shinhwa. minwoo merupakan anggota yang paling ngeh soal fashion, mungkin disebabkan karena faktor tingginya sehingga ia selalu berusaha mengimbangi dengan pakaian yang tidak semakin memperlihatkan tingginya.

3. Dongwan
anggota ketiga adalah Kim Dong Wan yang saat ini juga sedang syuting drama harian di KBS yang berjudul "Cheer Up, Mr Kim!" dimana dongwan merupakan tokoh utamanya. semenjak episode private study, dongwan belum pernah berhasil terpilih sebagai murid terbaik walau pun ia sudah berusaha keras. sepertinya usaha kerasnya masih kalah sedikit dengan member yang lain. dongwan suka mengikuti kencan buta dan sangat cerewet dalam menentukan pasangannya dimana dia akan sangat mempertimbangkan golongan darah, tanggal lahir, dan horoskop pasangannya. dongwan merupakan tokoh yang unik dan  memiliki pemikiran yang mendalam dan sering kali ia tiba-tiba menghilang berjalan-jalan ke suatu kota tanpa memberitahu member yang lain. dongwan hanya berjarak 6 hari lebih tua dari hyesung dimana ia lahir tanggal 21 November 1979.

dongwan mengambil bagian sebagai vokal dalam shinhwa dan terkadang dia memiliki bagian menyanyi yang lebih banyak daripada lead vocal.





4. Hyesung
Shin Hye Sung merupakan lead vocal dari boy band ini. dia bersama minwoo adalah 2 orang yang paling awal ditawari kontrak  karir solo oleh bos SM. hyesung yang bernama asli Jung Pil Gyo ini sering ditertawakan oleh rekannya akibat karir aktingnya yang paling minim dibandingkan anggota yang lain. hyesung juga menggelari dirinya sebagai omma atau ibu dari para member shinhwa. hyesung yang umurnya hanya terpaut 6 hari lebih muda dari dongwan, lahir tanggal 27 november 1979.

hyesung merupakan satu-satunya member shinhwa yang tidak mengikuti wajib militer dikarenakan cedera lutut yang pernah dideritanya tahun 2001 lalu (CMIIW) , akibatnya hyesung dibebaskan dari kewajibannya membela negaranya. hyesung merupakan satu-satunya member dari korea selatan yang berkuliah di Amerika. sedangkan eric dan andy memang merupakan warga negara amerika pada awalnya dan tinggal disana sebelum akhirnya pindah ke korea dan mengubah kewarganegaraan mereka.






5. Junjin
junjin yang bernama asli Park Choong Jae ini merupakan member shinhwa yang paling atletis dibandingkan yang lainnya. bahkan di umurnya yang sudah berkepala 3 ini junjin tetap memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan para idol yang berusia 20-an. junjin juga merupakan member yang ahli dalam variety show bahkan ketika mengikuti variery show WGM, junjin merupakan pasangan pertama yang benar-benar berpacaran dengan pasangan WGM nya walaupun pada akhirnya keduanya berpisah. saking ahlinya dalam variety show, terkadang junjin juga berbohong agar bisa memberikan cerita yang lucu, akan tetapi sifatnya ini sudah ketahuan sehingga terkadang ditanyakan, yang kamu ceritakan ini asli apa bohong nih? (mengacu pada variety show battle codes 2 2012 lalu).

Junjin merupakan satu-satunya member kelahiran 1980, tepatnya pada tanggal 19 Agustus 1980. ketika shinhwa mengeluarkan album foto telanjang mereka (shinhwa merupakan boyband korea selatan pertama yang melakukannya), foto junjin tampak belakang yang tidak menggunakan sehelai benang apapun merupakan salah satu foto yang paling berkesan dan sering digunakan untuk menggoda junjin.

6. Andy
maknae shinhwa yang bernama asli Lee Sun Ho ini pada awalnya hampir saja menjadi member H.O.T., salah satu boyband korea selatan yang paling HOT saat itu. hanya saja karena ia masih terlalu muda, orang tuanya tidak setuju. kemudian ia bergabung dengan boy band shinhwa dan tetap menjadi member termuda yang lahir tanggal 21 Januari 1981. di amerika, andy dan eric berasal dari sekolah yang sama sehingga mereka sangat dekat.

walaupun andy merupakan member termuda, tetapi andy adalah member yang paling dewasa. di militer, ia dikenal karena kegalakannya terhadap bawahannya. akan tetapi ketika berhadapan dengan para hyungnya ia akan menjadi member yang manis dimana ia sering dicium oleh member lainnya. dari 6 member yang ada di shinhwa, masing-masing dari mereka memiliki perusahaan management artis sendiri dimana hanya hyesung yang tidak memiliki management. andy juga merupakan produser yang membawahi salah satu boyband idol muda yang beranggota 6 orang juga yang bernama teen top.

ketika promo album keempat shinhwa, andy menghilang dan tidak mengikuti promo bersama 5 anggota lainnya. di acara variety show Win Win, andy mengaku pada awalnya ia kembali ke amerika untuk melihat ibunya yang sedang sakit dan kemudian ketika ia balik ke korea dikarenakan kondisi keuangan yang berat, ia depresi dan merasa rendah diri untuk kembali bergabung dengan member lainnya. untunglah pada akhirnya, ia kembali bersama 5 member lainnya dan kembali menjadi shinhwa :)

ketika mencari tahu mengenai shinhwa ini, saya benar-benar semakin jatuh hati dengan mereka. begitu pula ketika menonton ShinBang, saya benar-benar tertawa lepas melihat tingkah laku mereka. ada-ada saja yang mereka lakukan, salah satunya senam kentut bersama sebelum tidur. berhubung saya masih baru menjadi SHCJ (shinhwa cangjo, fans official shinhwa) mungkin ada beberapa informasi yang salah atau tidak lengkap. tetapi satu hal yang pasti, rasa cinta saya tidak akan kalah dengan fans yang lainnya.

berhubung sang leader baru berulang tahun 3 hari yang lalu, berikut foto eric bersama 5 anggota shinhwa yang lain :)
happy birthday, 4D leadernim!

2 komentar:

  1. Aku juga baru jadi shinhwa changjo ㅋㅋㅋㅋ Aku suka banget lagu baru mereka yg judulnya TOUCH
    Btw chingudeul, kamu nonton shinbang yg udah ada subsnya dimana ?? Aku kepo pengen nonton jugaaa ㅋㅋㅋ

    BalasHapus
  2. Pnsaran bgt sm shinhwa broadcast.. Download dmna ya? Rada sulit in I..

    BalasHapus