Jumat, 18 April 2014

Profile Cast The Return of Superman

di pos saya yang membahas variety show dari kbs (bukan karena saya paling suka sama tv satu ini tapi berhubung acara mereka paling mudah diakses karena adanya kbs world dan juga channel youtube yang menyediakan sub dalam bahasa inggris), maka saya mendedikasikan pos yang satu ini untuk The Return of Superman, variety show yang juga mengusung tentang bapak-anak tetapi sangat berbeda dalam eksekusinya dengan variety show tv sebelah, appa eodiga.

awal mula saya nonton acara ini karena saya baru beres nonton human condition di youtube dan acara ini selalu jadi tontonan yang disarankan. dari awalnya cuma coba-coba nonton episode 1 eh keterusan sampai episode 3 (waktu saya nonton yang keluar baru 3 episode). jatuh cinta banget sama acara ini, persis kayak saya jatuh cinta sama appa eodiga pas awal-awal baru nonton.


kenapa daritadi saya sering mengikutsertakan program di tv sebelah? karena di awal kemunculan acara ini, mereka sering dibandingkan dengan appa eodiga yang kala itu sedang naik daun. bahkan saya pun di awal nonton mengira ini acara bakalan mirip. eh ternyata jika sudah dinikmati dengan baik, selain kesamaan cast nya yaitu bapak-anak dengan narator, saya gak nemu kesamaan lainnya. berdasarkan apa yang saya tonton dari kedua acara ini berikut adalah perbedaan dari kedua acara ini: (untuk memudahkan saya, acara the return of superman akan saya singkat S dan appa eodiga, A)



  • walaupun keduanya sama-sama memiliki konsep kurang lebih 48 jam tanpa ibunya, A membawa sang bapak dan anak dalam suatu perjalanan dan mempertemukan semua anak dan bapak sedangkan S disyuting tetap dalam lingkungan dekat mereka, baik itu rumah, les, sekolah, atau mengunjungi keluarga papa-mamanya
  • jika anak yang dilibatkan hanya 1 dalam A dan para omma biasanya berlari-lari karena tidak ingin disyut, maka S membawa semua anak dalam keluarga (walaupun paling banyak nya cuma 2) dan para omma juga terlibat penuh dalam shooting dan terkadang ikut diwawancara juga
  • para anak yang terlibat dalam A memiliki jarak usia yang cukup dekat dan tidak terlalu muda (walaupun gyuwon sama-sama kelahiran 2010 dengan haru), sedangkan S membawa anak dengan variasi baik secara umur maupun lingkungannya dimana menurut saya keempat anak ini memiliki lingkungan yang benar-benar berbeda untuk membuat acara ini menjadi lebih bervariasi
  • (trivial) walaupun kedua narator dari acara ini sama-sama aktor, tetapi acara A dibawakan oleh narator laki-laki dan acara S dibawakan oleh narator perempuan
nah kalau setelah ini masih ada yang masih ingin menyama-nyamakan, bahkan mengatakan acara S meniru acara A ya silakan saja, tapi harap diingat, appa eodiga pun memiliki konsep yang mirip dengan 1D2N dimana yang membedakan hanya cast nya saja. kalau ada yang protes soal acara yang mengeksploitasi anak demi mencari uang, nah saya angkat tangan soal ini. tergantung cara pandang yang masing-masing lihat aja sih. bagi saya, betul para orang tua ini menggunakan anak mereka dalam mencari uang tetapi tidak termasuk mengeksploitasi sih karena saya bisa melihat banyak sisi positif dari acara bapak-anak ini, hubungan bapak anak menjadi lebih dekat, mereka bisa menghabiskan waktunya lebih lama satu sama lain, menambah penghasilan yang bikin dapur tetap bisa jalan, disukai oleh banyak orangnya. negatifnya, apapun kegiatan anak ini akan diikuti kamera. dibalik negatifnya, masih ada yang bisa saya puji dari acara S ini, yaitu mereka menggunakan tenda untuk menutupi camera-man sehingga tidak terlalu kentara. contoh eksploitasi bagi saya ya seperti kasus anak balita yang ikutan syuting sinetron stripping sementara papa-mamanya jadi manajernya, disini saya baru gak suka. anak dipaksa ikut kegiatan yang belum umunya, bergaul dengan orang yang kebanyakan sudah dewasa, dan sedikit yang seusia. nah tapi itu cerita lain. balik ke soal the return of superman, ini adalah profilnya yang juga saya muat di pos saya sebelumnya:





Nama Acara: The Return of Superman
Hangul: 슈퍼맨이 돌아왔다
Season: - (terhitung sampai 26 Januari 2014 sudah ada 13 episode yang ditayangkan, ditambah 3 episode pilot)
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI 
Jadwal Tayang: Minggu, 16.55 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Minggu, 15.00 WIB
Tayang Perdana: 3 November 2013 (pilot: 19 September 2013)

acara ini awalnya hanya berupa acara khusus menyambut Chuseok (salah satu hari raya di Korea yang dirayakan selama 3 hari untuk merayakan hasil panen dan juga mengirimkan doa untuk para leluhur mereka) yang ditayangkan berturut dari tanggal 19-20-21 September 2013. karena respon penonton yang antusias dengan acara ini, maka acara ini kemudian dijadikan program reguler yang dimasukkan untuk hari minggu dalam program Happy Sunday KBS menggantikan Mamma Mia. acara ini sendiri pada awalnya melibatkan 4 appa yaitu:
dari kiri ke kanan: Jang Hyeon Seong (dengan 2 putranya), Choo Seong Hoon (dengan 1 putrinya), Lee Hyun Woo (dengan 2 putranya), dan Lee Hwi Jae (dengan 2 putra kembarnya)
sayangnya, hyun woo appa tidak bisa ikut program reguler karena bertabrakan dengan jadwalnya dimana ia memiliki drama baru dan proyek musiknya. di bawah ini adalah foto keluarga lee hyun woo


untuk teman-teman yang ingin menonton episode pilot ini (gak ada yang ngesub hiks, jadi masih RAW) ada beberapa sumber link yang saya temukan, yaitu:


untuk menutupi kekosongan hyunwoo appa, tablo appa pun hadir sehingga didapat lah keempat appa sebagai cast tetap dalam acara ini. maka tanpa menunggu lebih lama lagi, inilah profil lengkap keempat keluarga yang menjadi cast tetap acara The Return of Superman:


Keluarga dengan "4 Laki-Laki" di Rumah
Nama Appa: Jang Hyeon Seong
Hangul: 장현성
Tanggal Lahir: 17 Juli 1970
Profesi: Aktor (aktif sejak tahun 1997)

Nama Omma: Yang Hwi Jeong

Hangul: 양희정
Tanggal Lahir: (belum dapat infonya)*
Profesi: sda*
Menikah: sda*

Nama Anak: Jang Junu

Hangul: 장준우
Tanggal Lahir: sda*

Nama Anak: Jang Junseo

Hangul: 장준수
Tanggal Lahir: sda*

sda* = sama dengan diatas = saya belum dapat infonya dan jika teman-teman memiliki info, mohon dibantu~

kenapa saya sebut keluarga ini dengan 4 laki-laki dirumah? karena si omma nya mengaku bahwa karena punya 2 anak laki-laki omma pun menjadi tahan banting, begitu pula ketika berhadapan dengan suaminya, yang dulunya sweet manis gitu, sekarang jadi kayak interaksi antara 2 orang "pria" walau pada kenyataannya pasangan suami istri ini justru masih terlihat sweet dan agak sering PDA (public display affection) dibanding pasangan omma dan appa yang lain. jadinya Junu dan Junseo pun suka geli-geli seneng gitu kalau ngeliat oppa dan omma nya sedang PDA hehehe. Hwijeong appa adalah seorang aktor yang sering mendapatkan peran antagonis akan tetapi dalam kenyataannya, appa ini adalah appa yang baik banget dan pinter banget mendidik anaknya. hasilnya, appa ini mendapatkan anak yang luar biasa baik dan empati terhadap sesama.


kalau ditilik lagi, rasa-rasanya saya paham kenapa hwijeong appa bisa menjadi appa yang baik untuk kedua putranya karena appanya hwijeong appa juga merupakan appa yang baik dan dekat dengan putranya. jadi ketika ada omma nya hwijeong appa, omma tersebut bercerita ketika hwijeong appa masih kecil, dia sedang bermain dengan appanya dan membuat rumah berantakan dan kemudian ommanya hwijeong appa menghukum hwijeong appa dengan membuat hwijeong appa berdiri di depan rumah mereka. appanya hwijeong appa yang juga ikut bermain juga merasa bersalah dan dengan sendirinya ikut berdiri di depan rumah untuk melaksanakan hukuman. dari cerita tersebut saya merasakan aaaa ini nih salah satu yang bikin hwijeong appa dekat dengan ayahnya. hwijeong appa juga gak segan-segan main dengan kedua putranya walaupun ketika bermain, hwijeong appa bisa jadi jelek, padahal di korea kan kalau aktor itu harus dituntut untuk selalu rapi dan sempurna gitu.


cukup dengan pembahasan sang appa, mari kita beralih ke kedua putranya, Junu dan Junseo. ya ampun, mereka anak cowok yang baik banget. empati banget terlihat ketika appanya bilang kalian udah lupa ya sama kakek karena jarang membicarakan kakek, dan mereka menjawab kami gak ingin cerita soal kakek soalnya nanti takut appa keingat sama kakek dan sedih lagi. junu juga bisa jadi hyung yang baik banget saking baik nya kedua orang tuanya suka terlalu menaruh harapan tinggi dan memanjakan junseo. akibatnya, junu pun ngaku dan menyatakan bahwa dia juga masih kecil dan gak cuma junseo yang harus dipahami. ugh, sini dek, kakak peluk sini! junseo yang sudah terbiasa jadi anak bungsu pun selalu berusaha menyaingi junu yang serba bisa dan sering kali berakhir dengan dia yang gagal. di awal-awal acara ini keluarga ini saya perhatikan sedikit banget jam tayangnya, tapi dengan mereka semakin terbuka satu sama lain, saya bisa melihat mereka lebih banyak hehe..


Keluarga dengan Ikan menjadi Orang Ketiga antara Omma dan Appa

Nama Appa: Tablo
Hangul: 타블로
Nama Asli: Daniel Seon Woong Lee (English name : Daniel Armand Lee, Hangul: 이선웅)
Tanggal Lahir: 22 Juli 1980
Profesi: Penyanyi (aktif sejak tahun 2002)

Nama Omma: Kang Hye Jeong

Hangul: 강혜정
Tanggal Lahir: 4 Januari 1982
Profesi: Artis (aktif sejak tahun 1998)
Menikah: Oktober 2009

Nama Anak: Lee Haru

Hangul: 이하루
Tanggal Lahir: 2 Mei 2010

keluarga yang cuma terdiri dari 3 orang dengan 3 kasur memanjang di kamar mereka akibat sang putri yang gak pengen dekat-dekat appa dan ommanya, memiliki orang ketiga yaitu ikan. hal ini akibat ketika ditanya ke haru, siapa yang paling kamu suka? yang pertama adalah omma, dilanjutkan ikan, baru sang appa. hahaha. keluarga ini merupakan keluarga yang ikut di reguler menggantikan keluarga lee hyun woo appa. ikutnya tablo appa pun tidak disengaja karena diwawancara ketika akan operasi tangannya sehingga antara sadar dan tidak sadar tablo appa menjawab kalau ia bersedia untuk tampil di acara ini.


putrinya, haru diawal kemunculan tomboy banget sehingga banyak yang mengira kalau ia memiliki putra. rambut haru yang dipotong pendek akibat permintaan haru sendiri yang menjadi penyebab utama mengapa mereka mengira bahwa haru adalah anak cowok. belum lagi haru berpakaian dan bergaya seperti hip hop layaknya appa nya sehingga makin banyak yang mengira bahwa haru adalah anak laki-laki. saya pun di awal-awal nonton juga bingung mengira-ngira, ini anak perempuan atau anak laki-laki ya. ganteng tapi manis ala anak perempuan gitu membuat saya ragu sampai ditegaskan di acara ini bahwa haru adalah anak perempuan. 


ketika dipertemukan dengan anak yang lebih muda, terlihat bahwa haru sangat ingin menjaga dan merawatnya walaupun dia gak tau caranya. akibatnya appa dan omma yang dulu cuma ingin punya anak 1 doang mulai berpikir kembali. sedangkan ketika bertemu dengan junu oppa, anak hwijeong appa, haru sangat tergila-gila dan ngikutin kemanapun junu pergi. tetapi ketika berhadapan dengan junseo ia merasa junseo sebagai saingan sehingga bersaing untuk mendapatkan perhatian tablo dan hwijeong appa.


selain dengan manusia, haru juga sangat perhatian dengan binatang. ia sangat menyayangi binatang dan hanya memiliki sedikit perasaan takut ketika berhadapan dengan binatang. beda banget sama appa nya yang banyak takut tapi berusaha stay cool di depan putrinya, hahaha. walau haru sangat menyukai binatang terutama ikan, tetapi ia juga paham bahwa ikan itu untuk dimakan sehingga gak rewel. salut dengan usia dia yang masih kecil, omma appa nya berhasil menerangkan walau dia menyukai ikan, tapi dia harus bisa melepaskan ikan tersebut karena daging ikan bisa untuk dimakan. berbeda dengan keberaniannya menghadapi berbagai binatang, haru justru takut sama badut, salah satunya ketika tablo bercosplay ria menjadi santa, sukses deh haru nangis habis-habisan.  

Haru ini walaupun tomboy, dia sudah merupakan girl fan big bang dengan anggota favoritnya G-Dragon. Untungnya appa dan omma nya haru bergabung dalam satu manajemen dengan big bang sehingga kesempatan bertemu langsung sangat terbuka lebar. Lucunya, haru justru malu-malu ketika harus berhadapan dengan para anggota big bang yang dia sukai, sampai-sampai daesung yang berubah jadi "fish uncle" pun tidak diacuhkan oleh haru :D


Keluarga dengan Omma yang Kesepian
Nama Appa: Choo Seong Hoon
Hangul: 추성훈
Nama Lain: Yoshihiro Akiyama (秋山 成勲 )
Tanggal Lahir: 29 Juli 1975
Profesi: Atlet Mixed Martial Art (MMA) dan Judo-ka (aktif secara profesional sejak tahun 2004)

Nama Omma: Yano Shiho

Known as: SHIHO
Tanggal Lahir: 6 Juni 1976
Profesi: Model (aktif sejak tahun 1998)
Menikah: Maret 2009

Nama Anak: Choo Sarang

Hangul: 추사랑
Tanggal Lahir: 24 Oktober 2011

kalau keluarga haru si appa kalah sama ikan, keluarga ini justru ommanya yang kalah sama putrinya sendiri, sarang, gara-gara appa nya perhatian pake banget sama putri semata wayangnya. akibatnya si omma merasa ditinggalkan dan meminta untuk ayo kita beri sarang adek cowok biar si adek cowok bisa mesra-mesraan sama omma. tapi walau begitu, menurut saya ommanya sarang ini hebat banget ngedidik sarang, sarang yang umurnya masih 2 tahunan (di awal acara ini ditayangkan) udah bisa makan sendiri, megang sendok dan masukkin makanan ke mulut), make sumpit walau agak2 salah tapi tetap berhasil make dan makan pake sumpit itu, make kaus kaki sendiri, make baju sendiri, make sepatu sendiri. pinter banget deh, pengen tau ommanya cara ngajarinnya gimana ya. terus sarang ini doyan makan banget terutama makanan yang dia suka seperti berry-berryan, yoghurt, dan onigiri. Gak bisa diganggu kalau lagi makan hahahaha.

Sarang sendiri terlahir dari keluarga yang multi culture, ommanya asli Jepang dan gak bisa bahasa korea, sedangkan appanya, keturunan keempat orang korea yang lahir di jepang. Semenjak tahun 2001, seonghoon appa udah resmi mendapatkan kewarganegaraan jepang karena jasanya sebagai atlet martial arts yang mengharumkan nama jepang. Kalau appa nya bisa kedua bahasa, baik jepang maupun korea. Yang menarik adalah, kalau omma sarang berpakaian yang modis, wajar, mamanya adalah seorang model, tetapi appanya sarang yang atlet justru ga kalah modis dengan jenis-jenis pakaian yang bikin kita wow sendiri dan gak tahan buat dikomentarin. Yang menarik lagi ketika acara ini akan dijadikan tayangan reguler, appa nya sarang gak berminat buat melanjutkan jadi cast tetap dengan alasan mereka tinggal di jepang dan kebanyakan berbahasa jepang, sementara di korea sentimen tentang jepang akibat perang dunia II dulu masih terasa. Akhirnya, seonghoon appa tetap bertahan menjadi cast reguler karena permintaan orang tuanya, yang ingin melihat tumbuh kembang sang cucu. Karena mereka terpisah lumayan jauh, walau sama-sama tinggal di jepang, tetap saja sulit bagi mereka untuk melihat cucunya sehingga keikutsertaan sarang akan membuat kakek neneknya bisa meliha cucunya setiap minggu. Tak disangka, sarang menjadi trendsetter anak-anak dan semua bintang-bintang besar korea selatan ingin dekat dengan dia, mulai dari kim jongkook (si sparta), rain, sampai snsd.

Keimutan sarang yang tidak terbendung membuat siapapun pasti pengen deket-deket sarang. Hebatnya lagi, sarang ini walau dimanja juga mandiri di satu sisi dan pinter banget. Dia aja sekarang belajar 3 bahasa sekaligus, bahasa jepang karena tinggal di jepang dan merupakan bahasa ibunya, bahasa korea yang diajarkan appa dan lagu-lagu korea sampai-sampai bikin papanya kagum gara-gara tetiba dia ngomong pake bahasa korea yang appa nya inget gak pernah diajarin, dan terakhir bahasa inggris yang diajarkan lewat tontonan. Terus sarang ini juga kalau diomongin ngerti banget, kayak mamanya bikin aturan kalau makan harus di meja makan, walau dia muter-muterin itu rumah pada akhirnya dia tetap datang ke meja makan buat makan. Ugh luar biasa banget deh anak yang bernama sarang ini, gak heran dia jadi idola baru di korea sana.
 

Keluarga dengan Appa yang Ceriwis

Nama Appa: Lee Hwi Jae
Hangul: 이휘재
Nama Asli: Lee Young Jae (이영재)
Tanggal Lahir: 29 Desember 1972
Profesi: Komedian (aktif sejak tahun 1992)

Nama Omma: Moon Jeong Won

Hangul: 문정원
Tanggal Lahir: 1980*
Profesi: Florist (tukang bunga)
Menikah: Desember 2010


Nama Anak: Lee Seoeon (kembar - kakak)

Hangul: 이서언
Tanggal Lahir: 15 Maret 2013

Nama Anak: Lee Seojun (kembar - adik)

Hangul: 이서준
Tanggal Lahir: 15 Maret 2013

Nah kalau keluarga yang satu ini pas awal-awal nonton suka kasihan sama appa nya kalau ditinggal sama omma dengan 2 anak bayi kembar yang uuugh pasti susah banget buat ngurusnya. Appanya itu tiap kali lagi ngurusin anak-anaknya pasti bajunya kayak lusuh gitu, muka kucel kecapekan, dan suka make bando istrinya buat nahan rambutnya. Hwijae appa ini diantara teman-temannya dikenal gaul dan playboy sehingga ketika akhirnya dia nikah dan punya anak, semua teman-temannya gak nyangka, mereka pikir dia bakalan jadi playboy lebih lama lagi. Ternyata jeongwon omma yang cantik banget berhasil menaklukkan si appa cerewet ini. Kalau liat interaksi mereka di tv suka ketawa sendiri, suaminya yang ekstra cerewet berhadapan dengan istrinya yang udah kebal sehingga stay cool gitu kalau dikomentarin dan suka ngejawab dengan nyantai. Terus kalau si omma udah pulang dari waktu yang ditentukan si appa ekspresinya kayak ngeliat malaikat yang turun dari langit karena lega sang istri udah ada buat ngejaga kembar nya mereka.

Karena si appa yang baru punya anak dan langsung dapat anak kembar, appa ini terkadang menjadi berat sebelah dalam artian lebih sering mengurus sang anak yang suka nangis dibandingkan adiknya yang lebih pendiam. Saya yang menontonnya suka ngerasa kasihan sama sang adik, seojun yang lebih  "ditelantarkan" dan sering dititipkan ke orang lain. Untungnya keluarga ini periksa anaknya ke psikolog buat melihat perkembangan anak2 nya da ketahuan lah kalau seojun merasa takut-takut ketika ingin menangis dan memanggil appa nya karena selama ini appa lebih perhatian ke seoeon. Akhirnya, appa dan omma membagi peran dimana ketika sang appa harus menjaga anak, maka hanya satu anak saja yang diurus oleh mereka masing-masing sehingga setiap anak bisa mendapatkan perhatian lebih.

Ketika di episode terbaru, si appa hanya "kencan" berdua dengan seojun saja, si appa merasa senang banget dan pengen ngalahin seonghoon appa buat jadi fashionista. Tapi yaa emang pada dasarnya beda selera, pakaian yang dipakai hwijae appa justru jadi kocak gitu. Tapi poin positifnya, seojun benar-benar dapat perhatian khusus, akibatnya, dari apa yang saya lihat, seojun udah lebih dekat sama appa nya dimana ketika sang appa berusaha menitipkan putranya ini ke orang lain, seojun langsung nangis, padahal kalau dulu seojun oasti gak nangis. Saya jadi senang banget gitu ngeliat perkembangan si kembar yang semakin baik ini, karena kalau yang dulu saya perhatikan, seojun cenderung lebih pasif dimana seoeon yang lebih aktif dan menguasai segalanya, baik makanan maupun mainan. Semoga dengan perkembangan yang lebih baik ini, seojun bisa menjadi lebih aktif hehehehe..

Ekstra:
Narator
Nama: Chae Sira
Hangul: 채시라
Tanggal Lahir: 25 Juni 1968
Profesi: Artis (aktif sejak tahun 1984)






PD (program director)
Nama: Kang Bong Gyu
Hangul: 강봉규
* saya gak tahu kalau ada 2 pd apa gimana tapi kalau searching di google soal pd nya acara ini, yang ketemu pasti pd ini.












BONUS
Foto anak-anak The Return of Superman


Nah sekian profil  the return of superman - kbs. Profil ini emang masih banyak kurangnya, karena saya masih belum bisa menemukan profil lengkap dari para keluarga cast ini. Semoga nanti saya mendapatkan sumber baru yang lebih lengkap. Happy reading and watching this show!! 

p.s: ada keluarga kelima yang akan bergabung di acara sensasional ini, silakan cek profil mereka di pos saya yang INI.

10 komentar:

  1. Mereka ini lucu lucu banget cuteness overload, suka banget liat mereka gak ada bosennya apalagi sarang hehe ^_^

    BalasHapus
  2. udah nonton yang ep. 1 blm? kalau sudah nontonnya dmn? ksih tw linknya dong.. atau almt web nya? gamsahamnida.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *bantu Jawab, Episode 1 Superman https://www.youtube.com/watch?v=7gyPXgK1MkA
      atau Return of Superman Episode 1 https://www.youtube.com/watch?v=veFdtxdsEG0

      Hapus
  3. Lagi donk infonya ttg si quintet anaknya lee dong gook

    BalasHapus
  4. Tapi sejujurnya yang bikin acara ini "mendunia" (sedikit lebay, tapi bener hahaha) itu triplet sih. My daehan, minguk, manseeeeeeee!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka jg sm triplets tp klo dipikir2 klo dari awal udh ngikutin acara ini pasti ngerti sebener nya acara ini knp jd bagus, itu karna pola didik ayah2 nya yg bagus dan bay82 nya yang hebat2 sm lucu. Haru contoh nya dia hebat, junu contoh nya yg sayang sm adek nya hehe banyak lg deh pokok nya

      Hapus
    2. Sebelum triplet dia juga sudah mendunia karena haru kok

      Hapus
  5. Episode yg seojun kencan berdua sm lee hwi jae episode brp sih? Tlg infonya plz

    BalasHapus
  6. Ada yg tau tanggal lahirnnya yuto?

    BalasHapus