Minggu, 20 Januari 2013

Cara Format Ulang Flash Disk yang RAW dan Tidak Mau Diformat

hari ini saya kembali dibuat stress dengan flash disk teman saya. ketika saya sedang mengirim file-file komik yang ia minta tiba-tiba setiap 1 menit sekali flash disknya ter-eject sendiri. awalnya saya kira karena saya tidak stabil memegang laptop saya. setelah saya stabilkan, flash disknya tetap dengan rajinnya tereject dan terconnect sendiri setiap 1 menit sekali. akhirnya saya memutuskan memback up data-data penting di flash disk teman saya ini dan memutuskan untuk memformat ulang si flash disk ini. eh ternyata flash disk nya tidak bisa terformat ulang dan terjadilah marabahaya berikutnya. tipe flash disknya berubah menjadi RAW, tidak mau terbuka file-filenya, dan setiat saya berusaha membukanya dia selalu meminta format. setelah saya klik tombol format yang ada laptop saya selalu gagal memformat ulang ini flash disk.

untungnya, saya sudah pernah memiliki pengalaman seperti ini sebelumnya. ketika itu hard disk teman saya yang juga punya flash disk ini tiba-tiba meminta format ulang dan tidak mau kebuka filenya. saat itu saya sangat panik karena datanya ada 500GB di dalamnya dan itu pertama kalinya saya mengalami hal tersebut. saat itu saya langsung melakukan pertolongan pertama saya, yaitu bertanya ke teman saya yang memang jago komputer sejak SMA. teman saya mengatakan memang ada file yang bisa mengembalikan data-data di hard disk ini tapi tidak 100% dan itu biasanya berbayar. dia lebih menyarankan saya membawa hard disk ini ke yang ahlinya. setelah berkonsultasi dengan teman saya, saya pun langsung berkonsultasi dengan mbah Google. mbah google memberikan beberapa saran seperti pertolongan pertama "chkdsk" sampai mengibstal beberapa software yang memiliki bajakannya hehehe. tetapi sayang tidak ada satupun yang berhasil saat itu. akhirnya saya menghubungi bapak yang biasa memperbaiki laptop saya dan meminta beliau memperbaiki hard disk teman saya ini dengan syarat isinya harus kembali. setelah si bapak menyanggupi, giliran saya yang harus berterus terang kepada teman saya ini. terakhir, diketahui bahwa hard disk teman saya ini memiliki banyak bad sector sehingga hal inilah yang menyebabkan hard disknya bermasalah. dan akhirnya permasalahan hard disk tersebut selesai juga setelah hard disk nya dikembalikan tetapi data-datanya pun tidak bisa diselamatkan. dari bapak ini juga saya diperingatkan kalau hard disk tidak boleh digunakan sepenuh-penuhnya, minimal 25% dari kapasitas memori hard disk atau flash disk harus dikosongkan.

balik lagi ke permasalahan flash disk, saya pun akhirnya mencoba menggunakan salah satu software yang sudah ada di laptop saya akibat hard disk kemarin. setelah diperiksa menggunakan Zero Assumption Recovery, ditemukanlah ada bad sector pada flash disk tersebut. maka mulailah saya mempreteli flash disk teman saya ini agar ia bisa kembali seperti semula. setelah mencoba berbagai macam cara mulai dari memformat menggunakan computer management sampai menggunakan software recovery dan juga menggunakan VID-PID, saya tetap gagal memperbaiki flash disk teman saya ini. akhirnya, saya menemukan artikel ini yang ketika saya coba, saya berhasil menyelamatkan flash disk teman saya.

dari artikel tersebut, saya menemukan program yang bernama "onbelay". sayangnya ketika saya mencoba mendownload program tersebut, saya gagal dikarenakan linknya sudah tidak bisa digunakan lagi. berikut saya berikan link baru untuk mendownload software ini:
klik disini
catatan: setelah selesai mendownload software ini, hapuslah "-formatowanie kart pamięci" agar bisa dibuka dan diinstal programnya. 

berhubung kecemasan saya kalau program onbelay yang saya bagi di link diatas dihapus, maka saya melakukan back up dengan membuat link sendiri menggunakan mendiafire yang sudah saya perbaiki file nya, sehingga selesai didownload teman-teman bisa langsung membukanya menggunakan winrar untuk menginstalnya ke komputer teman-teman. silakan klik DISINI untuk menggunakan link yang baru.

karena ada yang menanyakan terkait bisa dipake di windows  atau enggak, berikut saya bagikan pengalaman saya ketika menginstal program ini, saya menggunakan windows 7 home basic original pada saat menginstal program ini.
ketika selesai menginstal program ini dan berusaha membukanya, terdapat permintaan untuk license key yang bisa diabaikan dengan mengklik continue dan program ini bisa teman-teman gunakan secara gratis selama 15 hari. berhubung saya hanya menggunakan pada saat itu saja, maka saya tidak mencari license key dan menggunakannya secara cuma-cuma dengan bonus 15 hari tersebut. selain itu, program recovery ini hanya bisa digunakan untuk memory card atau usb yang dilepas pasang yang berarti device atau alat-alat yang merupakan bawaan dari laptop atau komputer tidak akan bisa direcovery menggunakan program ini.

berikut saya copykan informasi terkait instal onbelay:
1. Minimum Requirements
a) A 80486 computer or higher
b) 3.5MB of free hard disk space for your software
c) 16MB RAM
d) Windows 9x or later
e) Acrobat Reader to view the manual.
f) Digital Media drive (Has to show as removable in the system).

2. Supported Operating Systems
a) Windows 95B
b) Windows 98
c) Windows Me
d) Windows 2000
e) Windows XP

3. Installing OnBelay V2
Bring up Windows 95B/98/Me/2000/NT/XP
Run the Executable Setup file and follow the instruction.

4. Features of OnBelay V2
OnBelay provides the following features.
a) Backup & Restore Digital Flash media
b) Duplicate Digital Flash Media
c) Recover the files deleted accidentally or from corrupted media.
d) Format for Digital Flash Media
e) Provide detail information about your pictures

5. Limitations:
a) OnBelay Low Level Format / Erase will work only for OnSpec / CompuApps / OmniFlash products.
b) OnBelay - Recovery will NOT restore image(s) if the
    - File is permanently deleted in the media.
    - Deleted file's data area may be used by currently present file(s)
      in the media.
    - Media may be full formatted.
    - Media may be formatted with Third party formatting tools which does low level
      format.

6. Uninstalling OnBelay V2
OnBelay can be uninstalled either from Add/remove Programs or by clicking the uninstall icon present in the installed program folder.
For more information regarding OnBelay V2, refer to OnBelay manual.
NOTE: You need Adobe Acrobat Reader to view the manual.


jika sudah selesai menginstal program ini, maka pasanglah device atau dalam hal ini flash disk yang akan diformat ulang, dan kemudian:

1. pilih drive yang akan diformat

2. setelah drive dipilih, kliklah bagian tools sehingga muncul seperti ini

3. lalu klik format
4. kemudian akan muncul kolom seperti dibawah ini. pilihlah quick format dan centang display summary when finished

5. jika sudah selesai diformat silakan restart ulang komputer atau laptop jika yang diformat adalah hard disk dan silakan cabut dan kemudian pasang lagi jika yang diformat adalah flash disk. ingat jika sudah diformat maka data dalam drive tersebut akan hilang seluruhnya

cara ini sudah saya coba sendiri dan alhamdulillah berhasil. pada artikel yang sudah saya lampirkan di atas juga dijelaskan bahwa beliau ini juga mengalami pengurangan kapasitas memori dari 8 GB menjadi 2 GB saja. silakan baca artikel ini jika ingin mengembalikan kapasitas memorinya seperti keadaan flash disk semula.

semoga apa yang saya bagikan ini dapat membantu teman-teman yang mengalami permasalahan yang sama :)

55 komentar:

  1. cara hapus formatowanie kart pamieci gimana bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal klik filenya, klik f2 terus hapus

      Hapus
  2. kode licensinya apaan bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI SERIAL NUMBERNYA
      ZJQVMIR629HT06ME0EI3

      Hapus
    2. terimakasih mas fadli sudah mau berbagi :)

      Hapus
  3. wah saya gak pakai lisensi bro, pakai yang trial aja udah bisa tetap dipakai software nya dan flash disk nya udah bisa diformat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok punya saya minta kode licensi yah?
      apa karna sy nginstalnya di Windows 7 kali yak....
      but makasih ya bro, Nanti sy coba utak atik lagi minta bantuan Simbah :-)

      Hapus
  4. salam kenal, great post ya, dari admin blog techforedu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas, terimakasih lo mas sudah mengizinkan saya mengcopy sebagian post nya mas ke post ini

      Hapus
  5. thx. atas linknya... btw. flashdisknya saya tetap gak bisa diformat.

    padahal sudah kedetect.

    jalan terakhir aq harus tempuh, beli baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf ya kalau cara saya tidak mempan.. sepertinya memang untung-untungan, contohnya fd saya gak mempan dengan cara-cara lain dimana orang lain mempan, tapi mempan untuk cara ini

      Hapus
  6. Balasan
    1. Maaf kalau ternyata cara yang saya bagi tidak berhasil karena memang saya sendiri sudah melakukan berbagai cara hingga akhirnya cara ini lah yang berhasil bagi flash disk saya

      Hapus
  7. gak bisa diinstall ya? suppoprt windows 7 gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu saya pake windows 7 bisa :)

      Hapus
  8. thanks banget ya. akhirnya flash disk ane selamat. :)

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Senang bisa membantu :) tapi saya "mbak" bukan mas hehe

      Hapus
  10. boos. bagaimana caranya ketika digunakan atau sedang berjalan onbley tidak responding...boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak responding-nya ada message atau warning gt ga?
      bisa juga coba instal ulang

      Hapus
  11. Tengkyu gan, sesuai instruksi di atas fd ane bisa digunakan kembali, Dan sesuai penjellasan di atas juga, yg tadinya 8gb jdi 2gb.

    Sekarang ane mau coba lanjuut buat balikin kapasitasnya. :shakehaand

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah jika penjelasan saya dapat membantu mas :)

      terimakasih sudah membaca blog saya

      Hapus
  12. Balasan
    1. Sama2 mas :)

      Terimakasih sudah membaca blog saya

      Hapus
  13. gmn cara balikin kapasitas flashdisknya, mbak?
    linknya itu tidak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, blog nya yg udah ga ada..
      Mungkin mas bisa coba usb format yang ada di artikel ini http://rebeldownloader.blogspot.com/2011/05/mengatasi-kapasitas-flash-disk.html
      Saya lihat dari komen2 nya banyak yg berhasil, tapi saya sendiri belum pernah mencobanya..

      Hapus
  14. Kayaknya ini gak berlaku buat FD sandisk ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika saya menggunakan program ini, merek fd teman saya adalah kingston, jadi saya kurang tau tentang merek lainnya, cuma kalau saya tidak salah ingat ketika saya dulu lagi setengah putus asa mencari cara mengembalikan fd raw kingston itu, sandisk paling sering bisa diformat dengan cara menggunakan vid pid, yang tutorialnya bisa ditemukan dengan googling

      Semoga jawaban saya agak membantu dan terimakasih sudah membaca blog saya :)

      Hapus
  15. gan cara mengembalikan ukuran memorinya gmn?please help

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya, artikel untuk mengembalikan memori ada di blog tech4edu tapi sepertinya blog nya dihapus..
      Mungkin mas bisa coba usb format yang ada di artikel ini http://rebeldownloader.blogspot.com/2011/05/mengatasi-kapasitas-flash-disk.html
      Saya lihat dari komen2 nya banyak yg berhasil, tapi saya sendiri belum pernah mencobanya..

      Hapus
  16. apa beda quick sama full waktu format....????
    format keluarannya apa yak...??? masih tetap RAW apa Fat 32....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak pernah coba yang full format, jadi saya kurang tahu.. Kalau memang buat ngeformat fd yang RAW cukup quick format saja setahu saya..
      Kalau sudah selesai diformat, seharusnya sudah menjadi fat32

      Hapus
  17. Balasan
    1. Maaf ya kalau ternyata cara yang saya bagi tidak berhasil..
      Terimakasih sudah mampir ke blog saya ya mas/mbak..

      Hapus
  18. flash disk saya kingstone 16gb....dah di coba gan....tpi masih ga isa
    apa karena merek FD na atw ada hal tertentu jadi ga bisa di format...mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang cara yang ini tidak berhasil, mungkin agan bisa coba cara lain seperti software lain yang juga bisa format.. Soalnya cara yang saya temukan ini juga merupakan cara yang kesekian hingga fd saya bisa kembali seperti semula..

      Terimakasih ya gan sudah mampir ke blog saya :)

      Hapus
  19. Kalo micro sd bisa nggak ya bang? Mohon ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, selama tidak terpasang menyatu dengan laptop, software onbelay bisa bantu format :)

      Hapus
  20. Balasan
    1. Terimakasih sudah baca blog saya gan :)

      Hapus
  21. Bisa gan, cuma Flasdisk saya yg tadinya 8GB kok jadi 1,8Gb yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya, artikel untuk mengembalikan memori ada di blog tech4edu tapi sepertinya blog nya dihapus..
      Mungkin agan bisa coba usb format yang ada di artikel ini http://rebeldownloader.blogspot.com/2011/05/mengatasi-kapasitas-flash-disk.html
      Saya lihat dari komen2 nya banyak yg berhasil, tapi saya sendiri belum pernah mencobanya..

      Hapus
  22. udah klik format tapi gak ada tanda2 ngeformat gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diulang lagi dari awal prosesnya, siapa tau ada yg kurang langkahnya..

      Hapus
  23. mas yang punya saya masih tetep raw nih. mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih raw setelah diformat? Kalimatnya apa ya kalau boleh tahu?

      Hapus
  24. MATUR NWN SUDAH SANGAT MEMBANTU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa membantu :)
      Terimakasih sudah mampir dan memberi komen di blog ini :)

      Hapus
  25. sama bro ane mumet dgn masalh yg sama, ane dah coba format lwt cmd, comp sistem, save mode sampai aplikasi hp usb format ga mau juga nih...liat di lapak sebelah terlalu extream klo lwt chip nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang chip? saya baru denger nih dan belum pernah coba tapi semoga saya gak akan ada masalah kayak gini lagi
      semoga masalah agan dengan fd nya udah beres ya :) terimakasih sudah komen di blog ini ^^

      Hapus
  26. Softwarenya gak berhasil ngeFormat Yg ada keluar kata "You have inserted a write protected media in the device Please insert a writable media and then try again" Solusinya?

    BalasHapus
  27. link yg buat ngembaliin kapasitasnya ga bisa di buka

    BalasHapus
  28. klo ga kebaca gmn gan?? FD ane ga kebaca soalnya :(

    BalasHapus
  29. ga ke detect FD nya gan gmana ne

    BalasHapus