Jumat, 18 April 2014

Variety Show di KBS

walaupun udah dari dulu du tv saya udah ada KBS World tapi sejujurnya saya gak begitu ngikutin. palingan dulu nonton Happy Together nya Jaesuk sama Hello Counselor. saya baru rajin mengikuti hello counselor beberapa bulan terakhir ini, jadi akhirnya saya memutuskan untuk menonton di channel youtube-nya KBS untuk menonton episode-episode hello counselor sebelumnya. nah dari sini saya pun berkenalan dengan variety show lain yang ditayangkan di KBS dan saya pun jatuh hati.

sebelum saya membahas terkait variety show nya, saya ingin sedikit membahas KBS itu sendiri

Korean Broadcasting System (KBS) (Korean: 한국 방송 공사, Hanguk Bangsong Gongsa) adalah jaringan televisi dan radio di Korea Selatan yang didirikan tahun 1927. berdasarkan wikipedia, KBS adalah jaringan televisi terbesar dari 4 jaringan televisi utama di Korea Selatan (KBS, SBS, MBC, dan EBS). jadi di korea selatan ini ada 4 channel tv yang tayangnya nasional dimana EBS merupakan jaringan tv pendidikan sehingga jarang didengar oleh penduduk di luar korea selatan.

walaupun ada begitu banyak kontroversi terkait KBS ini, berhubung saya hanyalah penikmat acara tv nya, ya hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi saya hehe.

kembali ke variety show nya, maka ada beberapa variety show yang saya ikuti secara rutin sekarang, yaitu:


HELLO COUNSELOR


Nama Acara: Hello Counselor
Hangul: 안녕하세요
Season: - (terhitung sampai 27 Januari 2014 
sudah ada 160 episode yang ditayangkan)
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI 
Jadwal Tayang: Senin, 23.10 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Senin, 22.20 WIB
Tayang Perdana: 22 November 2010
MC: Shin Dong Yeop (신동엽), Jeong Chan Woo (정찬우), 
Kim Tae Gyun (김태균), dan Lee Yeongja (이영자)

acara yang berjudul hello counselor ini sebenarnya tidak benar-benar menghadirkan counselor dalam penayangannya. yang justru terjadi adalah ada 4 kasus yang akan dibahas dimana akan dibawakan oleh masing-masing MC, yang kemudian akan dinilai oleh 150 "juri" dimana beberapa nya merupakan bintang tamu yang berasal dari kalangan artis (biasanya berjumlah 4 bintang tamu tetapi terkadang bisa lebih). awalnya, pembawa acara akan membacakan kasus secara singkat untuk menceritakan permasalahan yang dialami si pelapor. kemudian, si pelapor akan dipanggil masuk ke panggung dengan cara turun dari perosotan dan bertemu dengan kolam bola =D setelah itu, pembawa acara dan bintang tamu akan bergantian bertanya untuk memastikan permasalahan yang dialami si pelapor. biasanya pelapor memiliki masalah dengan orang lain (kita sebut pelaku) yang juga dihadirkan di kursi penonton. pelaku ini kemudian juga memberikan pendapatnya terhadap permasalahan sesuai sudut pandangnya.

disini, bintang tamu dan pembawa acara juga akan bergantian bertanya kepada pelaku. setelah pembeberan dari pelapor dan pelaku kemudian bintang tamu diminta untuk memvoting secara terbuka, apakah menurut mereka permasalahan yang dilaporkan merupakan permasalahan yang benar-benar harus diperhatikan atau permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan mudah. setelah bintang tamu, maka para juri yang merupakan penonton dipersilakan untuk memvoting. jika hasil voting yang diperoleh lebih tinggi daripada pemenang voting dari minggu sebelumnya, maka pelapor akan duduk di kursi pemenang. jika sampai akhir acara voting dari pelapor masih yang paling tinggi, maka mereka akan mendapatkan hadiah sebesar 1.000.000 won atau 11 juta rupiah (berdasarkan kurs 31 jan 2014)

yang menarik dari acara ini adalah tokoh utama dari variety show ini adalah masyarakat biasa dimana tv korea biasanya lebih memilih artis sebagai pengisi acaranya. hal lain yang menarik adalah kita bisa melihat perilaku masyarakat korea pada umumnya dimana sering kali kalau ngelihat k-netizen suka mikir kok mereka biasnya segini banget ya. paling suka kalau kasusnya adalah seseorang yang cacat secara fisik yang biasanya mengalami diskriminasi di masyarakat. setelah mereka muncul di acara ini untuk menceritakan kisahnya, perilaku orang sekitarnya menjadi lebih menyenangkan. kalaupun ada masalah yang berat, biasanya mereka lumayan membantu untuk membawa ke dokter atau profesi lain yang dibutuhkan. walau terkadang hasil yang diberikan tidak maksimal dan lebih baik jika ditangani oleh ahlinya. menurut saya, perubahan sikap yang diharapkan oleh pelapor terhadap pelaku bisa terjadi karena tekanan dari masyarakat yang jika berpapasan dengan pelaku akan mengingatkan pelaku untuk berubah.

walau acara ini sebenarnya terkadang memberikan permasalahan yang berat, pengemasan yang dilakukan cukup baik sehingga keadaan di studio tidak menjadi berat. apalagi MC yang mengisi acara ini kocak banget. kalau udah soal makanan pasti yeongja langsung yang dituduh. kalau soal yang berkaitan 19 tahun keatas, dongyeop yang jadi bulan-bulanan. kalau kepala besar udah jelas duo MC chanwoo dan taegyun yang juga bergabung dalam duo cultwo yang disangkutkan. yang bikin saya agak kaget adalah ternyata keempat MC ini umurnya gak sama tapi ketika membawa acara, gak keliatan perbedaan sunbae-hoobae (senior-junior) diantara mereka. bahkan saya kaget kalau yeoja ternyata yang paling tua diantara mereka. gak kelihatan hahahaha..

kesimpulan: acara yang menyenangkan untuk ditonton terutama jika ingin melihat bagaimana masyarakat korea memandang sesuatu dan bagaimana mereka menunjukkan kepeduliannya plus bisa melihat bagaimana pemikiran artis yang kebetulan yang menjadi bintang tamu di acara ini

HUMAN CONDITION


Nama Acara: The Human Condition
Hangul: 인간의 조건
Season: - (terhitung sampai 25 Januari 2014 sudah ada 51 episode yang ditayangkan, termasuk 4 episode pilot)
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI
Jadwal Tayang: Sabtu, 23.15 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Sabtu, 23.00 WIB
Tayang Perdana: 26 Januari 2013 (pilot: 24 November 2012)
Cast: Park Seung Ho (박성호), Kim Junho (김준호), Jeong Taeho (정태호), Kim Junhyeon (김준현), Heo Gyeong Hwan (허경환), Yang Sangguk (양상국)

nemu acara ini sebenarnya gak sengaja, karena tiap kali saya membuka video youtube hello counselor yang baru, selalu saja saya mendapatkan video yang disarankan yang berjudul the human condition. episode yang pertama saya tonton adalah episode dimana para pemain hanya bisa makan sesuatu yang diberikan oleh tetangga sekitar mereka. nonton satu episode, saya ketagihan dan segeralah maraton menonton semua episode yang ada di youtube. sayang, 10 episode awal plus 4 episode pilot gak ada di youtube. jadilah saya hunting dan menemukan video yang diterjemahkan ahboo di forum indowebster. dan saya pun suka banget dengan semua episode yang ditayangkan. jadi, awalnya acara ini hanya akan ditayangkan sekali dimana 6 komedian yang bergabung dalam gag concert kbs diharuskan tinggal di satu rumah. mereka dipersilakan untuk melakukan kegiatan mereka sehari-hari, hanya saja mereka akan diikuti oleh kru dan kamera yang akan selalu menayangkan mereka. temanya pada episode pilot ini adalah hidup tanpa HP, TV, dan internet selama satu minggu. jadi semua HP mereka disimpan diawal acara dan hanya diberikan setelah syuting berakhir. berhubung mereka disorot kamera dari bangun tidur sampai tidur lagi, saya lumayan yakin bahwa HP nya emang gak diberikan ke mereka ketika kamera gak menyorot. belum lagi kerugian yang mereka alami karena mereka gak bisa dihubungi sama sekali.

berhubung rating yang lumayan bagus dan konsep acara yang patut banget diacungi jempol, acara ini pun berlanjut menjadi acara reguler dengan pemain tetap keenam orang komedian tersebut. setiap minggu syuting mereka akan merasakan pengalaman sesuai dengan tema pada minggu tersebut. ada yang seminggu tanpa uang, seminggu tanpa mobil (dimana krunya memindahkan rumah yang biasa mereka tempati ke rumah lain yang letaknya di atas bukit), seminggu tanpa listrik, dan lain sebagainya. ada banyak informasi berguna yang saya dapatkan dari acara ini. belum lagi "derita" keenam komedian ini serta cara yang mereka gunakan untuk mengakali sesuatu yang dihilangkan dari mereka ini bikin ngakak. jadi acaranya informatif dan dikemas dengan seru. kalau istilah penonton tv, gak pakai mikir pun masih ngerti nonton acara beginian.

setiap kali saya nonton acara ini, saya selalu mikir, kapan ya indonesia punya acara tv yang kayak begini. informatif, membangkitkan kesadaran setiap orang untuk berubah menjadi lebih baik, dan seru. ini ada acara tv yang judulnya acara musik tapi lebih banyak pembicaraan diantara pembawa acaranya, ada juga acara yang makan waktu berjam-jam cuma buat goyang, ngehukum orang, dan ketawa ketiwi. mau pakai alasan udah capek kerja tiap hari dan pengen nonton yang ngehibur tanpa mikir. nah, acara human condition ini benar-benar melakukannya. nontonnya gak usah pakai mikir tapi efek positif yang diberikan BANYAK BANGET. diawal acara, misalnya ketika mereka harus hidup tanpa air diberikan informasi rata-rata penduduk korea setiap orangnya menghabiskan berapa puluh liter air setiap harinya. dan kemudian diberikan perbandingan apa yang akan terjadi beberapa puluh tahun kemudian jika mereka masih menghambur-hamburkan air. keren banget.

gara-gara acara ini pula saya jadi ngeh sama gag concert karena mulai kenal sama pemainnya dan kocaknya mereka. dan jadi komedian di mereka ini sulit. mereka melawak pun kalau menurut produsernya belum pantas ditayangkan ya tidak akan muncul di TV. jadi acara lawakan yang ditayangkan itu sudah yang terpilih, yang berkualitas buat penonton TV nya. miris kalau ingat acara yang katanya acara lawakan di tv nasional kita. beda banget. tapi ya itu, saya cuma bisa ngeluh belum bisa melakukan perubahan terkait tayangan tv yang katanya dipengaruhi rating. tindakan yang bisa saya lakukan cuma satu, gak nonton acara-acara itu dengan harapan jika banyak yang berhenti nonton berarti rating nya turun dan tayangannya bisa dihentikan. semoga.

Keenam profil tetap Human Condition dengan warna representatif mereka
balik lagi ke human condition, ada 6 komedian yang menjadi pilar acara ini. ada park seungho, si gyaru san (tokoh yang dia lakukan di gag concert yang terkenal) yang kalau ada misi dia pasti melakukannya hampir tanpa keluhan, bahkan terkadang yang paling all out, paling oke usahanya tanpa membabi buta. maksudnya tanpa membabi buta adalah karena dia paling tahu kondiri dirinya seperti apa, dia mempersiapkan dirinya untuk bisa menghadapi suatu misi dengan segala yang dia miliki tanpa menjadi merugikan. lalu ada kim junho, si sajang-nim atau boss karena dia memiliki manajemen artis sendiri dimana junhyeon dan sangguk termasuk ke dalam perusahaannya. junho ini doyan ngeluh tapi dia juga yang paling licin otaknya. ada aja cara aneh yang dia lakukan untuk menyelesaikan satu misi. kadang licinnya jadi licik pula hahaha.. diawal episode pilot dibahas hubungan seungho dan junho yang ada duri dalam daging tapi gak dibahas-bahas dan hanya dipendam. para anggota yang lain berusaha untuk mendamaikan mereka berdua ini.

kemudian ada jeong taeho atau taeho omma. kalau dia ini tangannya gak bisa diam, rumah berantakan dirapiin, makan malam, makan pagi, dan terkadang makan siang dia yang masak. pokoknya tangan taeho omma oke banget, bisa buat apapun bahkan ranjang baby buat anak yang sedang dikandung istrinya. kadang jadinya dia stress karena jadi orang terlalu baik hahaha. selanjutnya ada kim junhyeon yang charming banget. bawaannya senyum mulu. kalau ngeluh sendiri dia balas sendiri kemudian senyum hehehehe, lucu banget. kalau udah liat makanan, pasti gak bisa nahan hehehe. nah selanjutnya adalah gyeonghwan yang menurut saya adalah anggota yang paling sering ngeluh dan paling sedikit berkontribusi dalam mengerjakan misi. kalaupun berkontribusi, dia terkadang ngambil yang mudahnya aja. tapi poin positifnya, dia pinter berkomunikasi jadi punya banyak kenalan sana sini. nah yang terakhir adalah sangguk yang juga paling niat dan bener dalam mengerjakan misinya. kalau junho niat mengerjakan misi tapi dengan cara yang curang, kalau sangguk ini yang paling lurus mengerjakan misinya. terus kelihatan kalau dia deket banget sama manajernya. dan baru-baru ini, sangguk baru aja punya pacar hehehe.

kesimpulan: acara yang menyenangkan untuk ditonton terutama melihat bagaimana para pengisi acara ini berjuang menghadapi pengalaman ekstrim yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan suatu misi. kadang ada spin off nya dengan 6 komedian wanita yang melakukan misi para komedian pria ini dan mereka juga gak kalah kocaknya hahaha.

THE RETURN OF SUPERMAN

Nama Acara: The Return of Superman
Hangul: 슈퍼맨이 돌아왔다
Season: - (terhitung sampai 26 Januari 2014 sudah ada 13 episode yang ditayangkan, ditambah 2 episode pilot)
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI 
Jadwal Tayang: Minggu, 16.55 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Minggu, 15.00 WIB
Tayang Perdana: 3 November 2013 (pilot: 19 September 2013)
Cast: lengkapnya silakan diintip di pos saya yang berikutnya karena saya pikir keimutan anak-anaknya harus dibahas dalam 1 tulisan lain DISINI :)

variety show yang terkadang saya ikuti:
HAPPY TOGETHER SEASON 3

Nama Acara: Happy Together
Hangul: 해피투게더
Season: 3 (Tiga)
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI
Jadwal Tayang: Kamis, 00.20 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Rabu, 22.20 WIB
Tayang Perdana: 5 Juli 2007
MC: Yoo Jae Suk (유재석), Park Myung So (박명수), 
Park Misun (박미선), Shin Bong Sun (신봉선)

IMMORTAL SONGS 2

Nama Acara: Immortal Songs
Hangul: 불후의 명곡 2
Season: 2 (Dua) dengan catatan season 1 memiliki konsep acara yang agak berbeda
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI 
Jadwal Tayang: Sabtu, 17.50 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Rabu, 23.40 WIB
Tayang Perdana: 4 Juni 2011
MC: Shin Dong Yeop (신동엽), Jeong Jae Hyeong (정재형), 
Moon Hee Jun (문희준), Eun Ji Won (은지원) dengan catatan beberapa kali berganti MC

TWO DAYS AND ONE NIGHT

Nama Acara: Two Days and One Night
Hangul: 1박 2일
Season: 3 (Tiga) 
[saya mengikuti ketiga season dengan episode yang lompat-lompat hehe]
Official Website: DISINI
Channel Youtube: DISINI
(search season 3 untuk melihat episode terbaru dan 
search season 1 untuk melihat beberapa episode yang kbsw upload ulang)
Jadwal Tayang: Minggu, 18.10 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Minggu, 16.20 WIB
Tayang Perdana: 5 Agustus 2007 (season 1), 
4 Maret 2012 (season 2), 1 Desember 2013 (season 3)
Casts: (season 3) Cha Tae Hyeon (차태현), Kim Jong Min (김종민), 
Kim Joo Hyuk (김주혁), Kim Junho (김준호), Defcon (데프콘), Jeong Jun Young (정준영)

GAG CONCERT

Nama Acara: Gag Concert
Hangul: 개그콘서트
Season: - (terhitung sampai 26 Januari 2014 
sudah ada 735 episode yang ditayangkan)
Official Website: DISINI 
Channel Youtube: DISINI 
Jadwal Tayang: Minggu, 21.15 KST(Korea Standard Time)
Jadwal Tayang (KBSW): Kamis, 22.20 WIB
Tayang Perdana: 4 September 1999
Casts: para komedian yang bernaung di KBS

sekian pembahasan saya mengenai beberapa variety show yang bisa menjadi alternatif jika teman-teman ingin mencari tontonan korea yang baru yang non-idol. bukan karena saya benci idol atau anti mereka, saya justru punya beberapa grup idol yang saya suka, tapi saya memang pada dasarnya bukan fan core dari salah satu kelompok idol sehingga saya lebih menyukai acara variety show yang mengangkat sesuatu yang menyenangkan untuk saya nonton dan tidak melulu terkait suatu kelompok saja. 

bon appetit :9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar