Minggu, 27 Oktober 2013

Kesalahan Saya sebagai Pemula dalam Belajar Menggunakan Make Up


seperti yang saya sampaikan beberapa bulan yang lalu bahwa saat ini saya sedang lebih mendalami ilmu berdandan, maka saya tentunya menjadi lebih "aware" dengan produk-produk kecantikan yang selama ini membuat saya bingung, ini dipakainya kapan dan buat apa. nah berhubung saya sudah lebih ahli, maka kebutuhan produk-produk yang saya ingin saya miliki pun lebih meningkat. misalnya, dulu cuma butuh lip balm, maka sekarang harus ditambah dengan lipstik dan lip tint --"

bisa dibilang awal ketertarikan saya terhadap make up (selain karena memang umur dan lingkungan sekitar saya yang lebih dandan) dimulai ketika saya membeli beberapa produk kecantikan ketika saya di korea tahun lalu. sebenarnya setelah beli, saya pun gak terlalu make, cuma sesekali dan akhirnya sampai sekarang menjadi kebiasaan. berhubung saya mengacu nya kepada gaya dandan ala orang korea dan jepang, maka banyaklah produk mereka yang saya gandrungi terutama produk korea karena memang setelah saya memakainya, saya menyukainya. salah satu produk kecantikan yang saya kenal dari acara korea yang membuat saya sangat tertarik adalah bb cream. kok kayaknya bagus gitu ya (pada saat itu saya masih belum paham konsep bb cream dan foundation ya, jadi harap dimaklumi). jadilah bb cream maybelline merupakan bb cream pertama yang saya gunakan.

Maybelline BB Cream, my first BB cream ever
penggunaan di hari pertama membuat saya senang karena coverage nya yang membuat wajah saya menjadi lebih cerah dan mulus. kemudian setelah 2 bulan berlalu dimana saya hampir menggunakannya setiap hari, wajah saya mulai menunjukkan tanda-tanda tidak sehat. wajah saya dengan tipe kering ke normal ini biasanya tidak mengundang banyak jerawat kecuali beberapa jerawat di kening yang biasanya muncul di minggu-minggu tamu bulanan saya datang. tapi setelah 2 bulan menggunakan bb cream ini (pada saat itu langkah yang saya lakukan dalam menggunakan bb cream adalah bb cream dan bedak padat), wajah saya mulai sering berjerawat dan meninggalkan bekas-bekasnya. kulit wajah saya pun menjadi sangat kering sehingga ketika saya pulang ke rumah dan ngekor ke salon ikut mama, ibu salonnya memarahi saya, ini muka kok jadi parah banget. biasanya kan muka saya mulus gitu T.T

jadilah saya dikasih krim siang dan malam, serta sunblock untuk muka saya, dan saya harus mengstop penggunaan bb cream. bedak pun saya disarankan untuk menggunakan bedak tabur karena usia saya waktu itu yang masih di bawah 20 tahun sehingga akan lebih baik menggunakan bedak tabur, itupun tidak boleh bedak tabur bayi karena katanya untuk kulit kering saya akan memperparah. saya diharuskan menggunakan bedak tabur yang dari si ibu itu yang saya curigai adalah bedak tabur yang salah satu kandungannya adalah mineral. selain itu saya juga menghentikan penggunaan sabun cuci muka karena itu juga akan makin memperparah kulit saya berhubung hampir sebagian besar sabun cuci muka di indonesia diperuntukkan untuk muka berminyak huhuhu. saya pun disarankan untuk menggunakan cleansing milk oil dan toner untuk kulit kering untuk membersihkan muka saya, dan salah satu cleansing milk yang oke dengan harga murah meriah adalah viva.

kesalahan pemula yang saya lakukan hingga tahap ini yang saya sadari setelah saya semakin sadar dengan produk-produk kecantikan dan perawatan adalah :
  • langsung menggunakan bb cream tanpa menggunakan moisturizer yang berguna untuk melembabkan kulit. udah jelas kulit saya kering, gak pula pakai pelembab dan langsung menggunakan bb cream yang fungsinya adalah menutup kekurangan yang ada di wajah seperti noda, ya jelas dalam 2 bulan, wajah saya berteriak hehe. edit: setelah saya baca-baca maybeline bb cream emang bikin kering buat yang tipe wajahnya udah kering :(
  • tidak menggunakan sunblock. memang efek dari sunblock ini tidak akan langsung terlihat dan biasanya cenderung tidak digunakan karena adanya produk-produk yang menawarkan produknya yang sudah dilengkapi sunblock, tapi sunblock itu maha penting teman-teman. jadi walaupun bedak, bb cream, dan teman-temannya menawarkan produknya yang juga langsung mengandung sun block, penggunaan sun block itu sendiri tetap harus dilakukan karena biasanya produk kecantikan yang mengandung sunblock itu tidak mampu menangkal sinar matahari yang tidak baik untuk kulit sebaik sun block. saya pernah membaca di salah satu website (lupa situsnya) bahwa untuk daerah tropis seperti negara kita ini penggunaan sun block yang baik adalah spf 20-30 karena jikapun spf teman-teman adalah 50 efeknya akan tetap sama seperti efek spf 30. selain itu, spf 30 keatas jika digunakan di daerah tropis hanya akan membuat kulit menjadi gelap sementara kita, bangsa indonesia, termasuk saya sangat tergila-gila dengan produk yang memutihkan =P
  • tidak mengetahui tipe kulit sendiri. apakah kering, normal, atau berminyak. bagaimana cara untuk mengetahui tipe kulit? teori asal-asalan saya, kalau semasa remaja kamu cuma punya jerawat satu dua biji maka tipe kulit kamu adalah kering, sebaliknya jika banjir jerawat maka kamu termasuk yang memiliki kulit berjerawat. teman-teman bisa KESINI untuk membaca lebih lengkap dan jelas, kulit kamu termasuk yang mana. menurut saya, cara termudah untuk mengetahui apa tipe kulit kamu adalah dengan menggunakan tisu penyerap minyak. di siang hari, dalam keadaan kamu beraktivitas normal (tidak sedang olahraga) tempelkan tisu ini di wajah kamu. saya, sebagai pemilik kulit kering hanya membutuhkan 1 tisu dan itu juga kepake nya juga dikit. kalau teman saya yang merupakan tipe kulit berminyak, bisa sampai 3-4 tisu yang dia pake buat ngehapus minyak yang ada di wajahnya. sementara itu, kalau kulit kamu normal, maka daerah t-zone kamu (kening dan hidung) lumayan menghasilkan minyak dan lebih banyak daripada yang kulit kering. beruntunglah kalian wahai pemilik kulit normal yang bisa masuk kemana aja. begitu pula dengan yang berkulit berminyak, kerutan di wajah mereka akan lebih lama keluar daripada pemilik kulit kering. sedangkan kulit kering mempunyai keuntungan gak usah mengeluarkan uang hingga ratusan ribu untuk perawatan jerawat hehe. nah dengan pengetahuan tipe kulit ini, maka perhatikan produk-produk kecantikan yang ada, apakah sesuai untuk tipe kulit kita dan belilah yang sesuai (jika bisa carilah produk yang ada tester nya atau teman yang punya satu produk yang kita inginkan yang produknya bisa diminta sedikit untuk dijadikan tester =P, jadi ketika dibeli insyaAllah sudah sesuai). edit: cek pos saya yang ini untuk mendapat penjelasan lebih detail terkait jenis tipe kulit
  • penggunaan bedak padat di usia 20 tahun ke bawah is a big NO NO NO. saya lupa penjelasan ilmiah nya seperti apa, seingat saya bedak padat ini menutup pori-pori yang mana bagi cewek yang berusia 20 tahun ke bawah, pori-pori kita masih bagus dan justru butuh "bernafas" sehingga penggunaan bedak tabur (yang memang khusus untuk seusia kita ya, bukan bedak tabur untuk adek bayi) lebih baik. untuk penggunaan bedak tabur, sebaiknya tanyakan ke mbak yang jualannya untuk disesuaikan juga dengan tipe kulit. seingat saya lagi penggunaan bedak padat bisa dimulai ketika kita sudah berusia 22 atau 23 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kita tetap menggunakan bedak tabur karena bedak tabur lebih ringan di wajah daripada bedak padat.
  • menggunakan sabun cuci muka yang tidak sesuai dengan jenis kulit dan tidak membersihkan bekas make up dengan baik. cara yang baik untuk membersihkan make up adalah dengan menggunakan cleansing milk oil dan toner. sedangkan untuk mencuci muka, untuk menghindari kerutan, wanita-wanita di jepang mencuci muka sambil tersenyum. di salah satu video diperlihatkan ada ibu-ibu yang sudah 40 tahun lebih memiliki kulit wajah seperti anak muda, salah satunya dengan menjaga cara mencuci muka.
nah, diatas tadi adalah kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan di awal-awal saya belajar menggunakan make up yang akhirnya malah membuat kulit saya rusak. semoga teman-teman yang membaca dapat terhindar dari kesalahan yang saya lakukan =)

4 komentar:

  1. Salam,

    Perkenankan kami untuk memperkenalkan produk perawatan kecantikan kulit dan wajah terbaik.

    Aneta Skincare merupakan terobosan baru dalam dunia kecantikan. Diformulasikan secara khusus untuk kulit ASIA, yang sangat cocok digunakan bagi wanita-wanita Indonesia.

    Produk Aneta Skincare terdiri dari :

    Super Cream
    Serum Gold
    Paket Premium
    Matt Foundation
    Hand & Body Lotion
    Facial Soap
    Eye Cream
    Compat Powder
    Body Scrub
    Acne Cream

    Aneta Skincare dapat memberikan manfaat pada kulit wajah antara lain :

    mengatasi jerawat,
    mencerahkan kulit yang kusam,
    memutihkan kulit,
    meratakan warna kulit yang tidak rata,
    meratakan kulit yang tidak rata karena bekas jerawat,
    menyamarkan dan menghilangkan flek dan noda pada wajah,
    menyamarkan dan menghilangkan kerutan,
    meremajakan dan mengencangkan kulit, dll.

    BalasHapus
  2. lalu mbak memakai bedak apa yang bagus untuk kulit kering?

    BalasHapus
  3. Dulu aku juga sama wkwkwk.. first bb cream ever itu maybelline :v aku dulu pas makeup suka cuci muka sembarangan g bersih.. alhasil jd breakout. BB CREAM ini berat di wajah ;b

    BalasHapus
  4. hai kak, makasih banyak ya buat info nya, mau tanya nih, apa pendapat kakak ttg cc cream?

    BalasHapus