Kamis, 17 Januari 2013

Google Doodle

sering melihat tampilan google yang biasanya berupa tulisan G O O G L E tiba-tiba berubah menjadi pacman, gambar halloween, dst? jika pernah, berarti teman-teman sudah menemukan logo google yang dinama "Google Doodle". Google Doodle muncul di tahun 1998 untuk menunjukkan kehadiran pendiri Goole yakni Larry dan Sergey di Festival Burning Man yang dilaksanakan di Gurun Nevada. ini adalah google doodle yang pertama yang dikeluarkan:
google doodle ini dimaksudkan untuk memberitahu bahwa pendirinya sedang tidak ada di tempat dan mereka sedang berlibur. semenjak itu google sudah mengeluarkan ribuan google doodle lainnya. di tahun 1998, mereka mengeluarkan 2 doodle lainnya yakni: google beta dan turkey untuk merakan thanksgiving.





Dua tahun kemudian pada tahun 2000, Larry dan Sergey bertanya webmaster saat itu Dennis Hwang yang saat itu sedang magang di sana untuk menghasilkan doodle untuk Hari Bastille. ketika doodle ini dimunculkan, hal ini sangat diterima dengan baik oleh pengguna google sehingga Dennis diangkat menjadi kepala Google Doodler dan corat-coret mulai muncul lebih banyak dan lebih teratur pada homepage Google. Pada awalnya, google doodle ditujukan sebagian besar untuk merayakan liburan, akan tetapi saat ini, google doodle menyoroti beragam peristiwa dan peringatan dari Ulang Tahun John James Audubon ke Ice Cream Sundae.
oleh sebab itu, pada tahun 2000 mulai banyak bermunculan google doodle dibanding tahun 1999 yang hanya memiliki 5 doodle.
Seiring waktu, permintaan untuk orat-oret telah meningkat di AS dan internasional. Membuat doodle sekarang menjadi tanggung jawab tim illlustrators berbakat (kita sebut mereka doodlers) dan insinyur. Bagi mereka, corat-coret menciptakan telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda Google dan membawa senyum ke wajah pengguna Google di seluruh dunia.
Sekelompok Googler berkumpul secara teratur untuk bertukar pikiran dan memutuskan mana acara akan dirayakan dengan doodle. Ide-ide untuk corat-coret berasal dari berbagai sumber, termasuk Googler dan pengguna Google. Proses seleksi doodle bertujuan untuk merayakan acara menarik dan peringatan yang mencerminkan kepribadian Google dan cinta akan inovasi. Untuk hal desain, ada tim ilustrator (kita sebut mereka doodlers) dan insinyur yang berada di belakang doodle setiap Anda lihat.
Tim doodle selalu senang mendengar ide dari pengguna - mereka dapat mengirim email ke proposals@google.com (ukuran kertas "letter") dengan ide-ide untuk doodle Google berikutnya. Tim menerima ratusan permintaan setiap hari sehingga kita sayangnya tidak bisa menanggapi semua orang. Tapi yakinlah bahwa kita membaca mereka :)
saat ini google doodle juga merayakan hari kemerdekaan negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia. hari kemerdekaan indonesia ini mulai dirayakan semenjak tahun 2009 dengan desain berturut-turut hingga tahun 2012: 

2009

2010


2011

2012
desain-desain ini lebih unik dibandingkan hari kemerdekaan beberapa negara lain hehehe. sayangnya desain hari kemerdekaan ini hanya ditampilkan di negara yang merayakan saja. akan tetapi, jika kita google.com/doodles maka kita bisa semua desain yang pernah digunakan google di seluruh negara.

selain hari kemerdekaan, google juga pernah menayangkan google doodle untuk Hari Kartini tahun 2009


selain tampilan google doodles indonesia, ada juga beberapa google doodles yang memiliki bentuk animasi seperti pacman yang bisa kita mainkan di homepage google. 
permainan ini bisa dimainkan disini
ada juga doodles halloween 2012 yang mana menantang untuk mengetok pintu tempat tinggal para monster ini
bisa dimainkan disini

atau ada juga doodles untuk musik dan olahraga seperti ini
bisa dimainkan disini
bisa dimainkan disini
jadi penasaran ya, apalagi kreasi yang akan dimunculkan google doodle di tahun 2013 ini? hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar