Minggu, 20 Januari 2013

Apa itu Bad Sector?

akibat dari flash disk dan hard disk teman saya yang bermasalah yang saya ceritakan pada pos saya yang sebelumnya, saya kemudian jadi bertanya-tanya sebenarnya apa sih bad sector ini. kemudian saya kembali bertanya kepada mbah google dan demikianlah hasil yang saya temukan dari mbah google :

dari pencarian saya, saya menemukan artikel yang ditulis oleh Liz Cornwell pada situs ini yang berjudul "what is a bad sector and how can i repair it?". dari artikel yang berbahasa inggris ini, jika saya berusaha untuk memahaminya, maka bad sector adalah sekelompok kecil data yang ada pada hard disk yang tidak dapat dibaca. bahkan data ini dapat berbahaya dalam menyebabkan kerusakan pada hard drive jika dibiarkan begitu saja. sebenarnya bad sector ini adalah hal yang biasa terjadi dalam penggunaan komputer.

sebuah sektor adalah suatu unit informasi sederhana yang tersimpan dalam hard disk. alih-alih dalam bentuk massa soupy dari informasi fluida, hard disk menyimpan berbagai macam file secara rapi dalam bentuk sektor. ukuran standar sektor yang biasanya adalah 512 bytes. berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bad sector dalam hard disk:

  • mematikan windows dengan sekenanya atau tidak sesuai dengan standar yang seharusnya
  • cacat pada hard disk, termasuk di dalamnya penggunaan permukaan hard disk, polusi di udara yang terjadi di dalam hard disk, dan lain sebagainya
  • kualitas hardware yang buruk atau memang sudah berumur, misalnya kipas prosesor yang buruk, data kabel yang sudah longgar, atau hard drive yang terlalu kepanasan.
  • malware
bad sector terdiri dari 2 tipe, yaitu hard dan soft. hard bad sector dapat terjadi jika hard disk secara fisik mengalami kerusakan, misalnya hard disk terjatuh ketika sedang mengcopy file atau hard disk nya sudah kepanasan, dapat menyebabkan hard bad sector terjadi. hard bad sector ini tidak dapat diperbaiki akan tetapi dapat dicegah.

sedangkan soft bad sector terjadi karena adanya error correction code (ECC) yang ditemukan pada sektor dimana tidak sesuai dengan konten dalam sektor tersebut. bad sector tipe ini dapat diperbaiki dengan cara sebagai berikut:

windows telah menginstal tools bernama "chkdsk" untuk mengecek drive. tool ini sebaiknya dilakukan secara berkala dari waktu ke waktu untuk memindai disk agar dapat menemukan error, mendeteksi bad sector, dan menandainya sehingga Windows tidak akan lagi mencoba untuk menggunakannya. cara ini dapat mencegah komputer menjadi tidak stabil. akan tetapi ada sedikit kekurangan dari cara ini, yaitu waktu yang digunakan untuk mengecek disknya ini lumayan lama tergantung pada banyak hal seperti kecepatan PC secara keseluruhan, jumlah file dan folder pada disk tersebut, jumlah RAM, dan ukuran disk. jadi carilah waktu mengecek disk ini ketika komputer atau laptop tidak digunakan dalam waktu beberapa lama. selain itu, windows biasanya menginginkan akses ekslusif ke komputer sehingga komputer akan melakkan reboot dan kita tidak bisa menggunakan komputer untuk beberapa saat tersebut. memang, kita bisa saja menghentikan proses pengecekan ini tetapi hal ini sangat tidak disarankan.

untuk melakukan pengecekan pada disk dapat dilakukan dari:
  • bukalah My Computer
  • kemudian pilihkan disk yang akan dicek, misalnya Local Disk C kemudian klik kanan pada C dan pilih properties
  • setelah properties terbuka, pergilah ke kotak dialog tools dan klik "check now"
  • kotak dialog yang baru akan muncul seperti disamping ini kemudian centang kedua pilihannya dan klik start
  • setelah itu, kita akan mendapatkan pesan bahwa check disk ingin akses ekslusif terhadap disk tersebut dan ingin langsung memulainya setelah mereboot, klik OK
  • setelah selesai, restart lah komputer.
untuk mencegah bad sector, silakan perhatikan hardware dan software yang ada pada komputer
  • pastikan komputer tetap dingin dan bebas dari debu
  • pastikan untuk membeli hardware dengan kualitas yang baik dari brand yang terpercaya
  • berhati-hati dalam memindahkan laptop atau komputer
  • gunakan kabel data sependek yang memungkinkan untuk digunakan
  • selalu matikan komputer dengan prosedur yang benar
selain dengan penjagaan komputer yang baik, bad sector juga bisa dihindari dengan menggunakan software
  • gunakan program quality disk defragmenter dengan jadwal yang teratur dan otomatis untuk membantu menghindari kerusakan yang dapat menyebabkan bad sector. disk defragmentation ini berguna untuk mengurangi kerusakan dan keusan pada disk serta memperpanjang umur disk dan menjauhkannya dari bad sector
  • gunakan anti virus dan anti-malware yang berkualitas dan selalu pastikan dalam keadaan terupdate.
ya tadi adalah sepenggal informasi dari artikel yang saya dapatkan. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar