Sunday 12 February 2012

saya dan Indonesia


ketika akan mempublikasikan tulisan saya yang berjudul "variety show korea pertama saya" tiba-tiba saya terpikir kenapa sempat-sempatnya membahas negara lain sedangkan negara saya sendiri belum dibahas. maka tulisan ini saya persembahkan untuk menunjukkan:
- walaupun saya sering menggunakan bahasa inggris dalam keseharian, saya cinta bahasa indonesia
- walaupun saya lebih memilih menonton film hollywood daripada film indonesia di bioskop, saya cinta indonesia
- walaupun saya lebih memilih membaca komik dari jepang daripada korea, taiwan, dan indonesia, saya cinta  negara saya, indonesia
- walaupun saya lebih memilih drama korea daripada sinetron indonesia, saya sungguh indonesia
- walaupun saya lebih memilih liburan ke luar negeri daripada dalam negeri, saya 100% indonesia
- walaupun saya lebih sering menggunakan produk buatan luar negeri (seringnya made in china), saya putri indonesia

setelah saya lihat-lihat, saya mengaku bahwa saya bagian dari bangsa indonesia tetapi kok ya dalam keseharian saya sepertinya tidak indonesia sekali. sungguh, saya baru sadar hal ini ketika saya sedang menulis ini. lalu apa ya yang saya bisa banggakan dari diri saya sebagai warga indonesia?
buat sesuatu yang mengharumkan nama bangsa di mata internasional? belum pernah
menjadi perwakilan dari indonesia untuk pertemuan internasional? apa lagi

saat ini. SAAT INI yang saya bisa banggakan hanyalah saya bangga saya bagian dari Indonesia tidak peduli carut marut yang dikatakan oleh orang lain. bilang saja politik negara ini gila, korupsinya stadium 4, saya tidak mengerti hal begituan. saya hanya melihat keseharian yang bisa saya banggakan.


baru-baru ini teman saya yang baru pertama kali ke padang menyadarkan saya dengan bilang, ka padang itu indah ya. saya terdiam tidak percaya dengan apa yang teman saya bilang karena selama ini saya selalu kagum dengan kota lain tapi tidak dengan kota saya yang satu ini. saya terpikir sepertinya selama ini saya lupa melihat ke kota saya sendiri ketika selama ini saya bertualang ke kota lain. pantainya bagus ka, itu jawaban teman saya lebih lanjut ketika saya menanyakan indahnya seperti apa.


dari hal ini saya tersadar, saya mengagungkan-agungkan sistem negara lain tapi saya lupa berbalik melihat negara saya sendiri. dimana saya bisa mencari negara dengan begitu banyak budaya, bahasa yang beraneka ragam, kesenian yang tidak terhitung banyaknya. saya bisa menemukannya di negara saya ini, Indonesia lo. bahkan bahasa minang saja antara satu daerah dengan daerah lain pun yang masih berada dalam wilayah minang memiliki beberapa istilah yang berbeda. kalau itu gak keren apa donk namanya?

saya tersadar bahwa selama ini saya masih sering melihat sesuatu dari sisi negatifnya karena sisi negatif memang mudah terlihat. yuk ah ubah kebiasaan ini agar semakin banyak yang bisa dibanggakan dimulai dari saya kemudian siapa tau bisa membanggakan negara saya ini juga.

tentang Indonesia lebih lanjut: 

fakta yang membanggakan tentang Indonesia:

No comments:

Post a Comment