Jumat, 25 April 2014

Cara Menentukan Tipe Kulit Wajah


halo, di pos saya kali ini, saya ingin membahas terkait tipe kulit kita sebenarnya apa. setiap kali kita ingin membeli suatu produk kecantikan, kita pasti diminta untuk memperhatikan tipe produk ini cocoknya untuk tipe kulit seperti apa. nah kemudian mulailah kita (saya termasuk) mencari tahu tipe kulit saya yang seperti apa yang biasanya dibagi menjadi tipe kulit kering, berminyak, dan kombinasi. yang kemudian menjadi masalah adalah pembagian ini tidak menjelaskan bagaimana tipe kulit kita juga akan berpengaruh terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh kulit kita, sehingga untuk memulai menentukan tipe kulit kita, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan

yang pertama yang harus disadari adalah ada banyak hal yang dapat mempengaruhi bagaimana kulit terlihat dan terasa di tangan. berikut ini adalah beberapa faktor yang biasanya mempengaruhi keadaan kulit kita:
- hormon
- penyakit kulit
- kecenderungan genetik
- merokok dan perokok pasif
- pengobatan
- diet
- rutinitas perawatan kulit / skincare
- stres
- polusi
- iklim
- berapa lama kulit menghadapi sinar matahari tanpa perlindungan

selain faktor-faktor diatas, bahan-bahan dari produk yang sedang kita gunakan juga dapat memperburuk keadaan kulit dan menyebabkan kita kebingungan dengan tipe kulit kita. untuk itu pastikan di setiap produk kecantikan yang kita gunakan tidak terkandung bahan-bahan di bawah ini:
- alkohol
- menthol
- thick emollients. emollients yang dimaksud sama dengan moiturizer
- pore clogging waxes, bahan-bahan diantaranya:

- fragrance (berbau) bahkan yang sekalipun berasal dari essential oils, bahan-bahannya dapat dilihat disini
- alat / cara scrubbing yang kasar
- alat / cara cleansing yang kasar
- irritants (bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi baik dari bahan organik maupun sintetik), bahan-bahannya dapat dilihat disini

setelah kita menjauhkan diri dari faktor-faktor yang mempengaruhi kulit dan bahan-bahan yang dapat membuat kulit menjadi tidak sehat, maka kita telah semakin dekat untuk mengetahui tipe kulit kita. perlu diingat bahwa terkadang setiap orang adakalanya mengalami kulit kombinasi dimana daerah t-zone menjadi lebih berminyak atau menjadi lebih sensitif. selain itu untuk semakin memastikan ada baiknya, kita mencuci muka terlebih dahulu dengan pembersih yang ringan, memasang toner yang baik (dengan kandungan antioksidan) dan menunggu 2 jam tanpa memberikan tambahan produk atau makeup sebelum menggunakan kaca untuk menentukan tipe kulit kita. perlu diingat kembali bahwa setiap orang bisa saja memiliki banyak tipe dimana tipe ini bisa berubah tergantung faktor-faktor yang saya nyatakan diatas.

maka tanpa memperpanjang lagi silakan lihat tabel dibawah ini untuk menentukan tipe kulit kamu.



catatan:
oily = berminyak
combination = kombinasi antara berminyak dan kering
acne = berjerawat; blemish prone = kelenjar minyak tertutup oleh minyak yang banyak dan sel-sel kulit mati
dry to very dry = kulit kering hingga sangat kering
sensitive / rosacea = sensiti / kondisi kulit dimana munculnya kemerah-merahan di daerah sekitar pipi dan hidung
eczema = dikenal juga dengan nama atopic dermatitis adalah istilah yang digunakan untuk aneka ruam kulit yang terasa gatal, kering, dan iritasi sampai yang kronis dimana area kulit meradang dan gatal yang terus menerus dimana keadaan tiap orang yang menderita in berbeda-beda
sun damaged = kulit yang terkena bahaya sinar matahari
aging / wrinkles = menua / kerutan

nah, setelah menemukan tipe kulit kita yang sesungguhnya maka kita dapat menentukan bahan apa yang diperlukan dalam perawatan kulit kita. berikut ini adalah panduan untuk menentukan produk yang akan kita pilih:



mudah-mudahan pos saya ini bermanfaat dan tidak membuat teman-teman bingung lagi dalam menentukan tipe kulit teman-teman.

sumber: http://www.paulaschoice.com/expert-advice/skin-care-basics/_/what-is-my-skin-type

Tidak ada komentar:

Posting Komentar