Monday, 16 January 2012

ending goong

silakan buka ending goong edisi revisi untuk detail tamat manhwa goong yang sudah saya edit :)


para pecinta korea pasti tidak merasa asing dengan serial drama yang sempat booming sekitar tahun 2006 dengan judul princess hours. para penggemar komik atau untuk komik korea yang disebut manhwa pasti tahu bahwa drama tersebut diangkat dari mahwa yang berjudul goong yang dikarang oleh Park So-Hee. di Indonesia sendiri manhwa ini sudah diterbitkan akan tetapi belum sampai tamat, baru volume 20 awal seingat saya. akan tetapi di negara asalnya. komik ini sudah tamat dengan total 27 volume. akhirnyaaa.. setelah sekian lama saya diombangkan ambingkan dengan kisah cinta chae-kyung dan shin yang terasa berbelit-belit dan ditambah bumbu segala peraturan istana menyebalkan.




ini adalah beberapa gambar dari episode terakhir goong volume 27



volume 27 yang saya dapatkan masih berbentu raw dalam bahasa korea sehingga saya tidak terlalu paham artinya akan tetapi dari gambar yang saya lihat kira-kira tamatnya manhwa ini dimulai dengan yul yang akhirnya mengetahui hubungan ibunya dengan ayah shin ketika mereka masih muda, yang mendorong yul akhirnya untuk tidak mengambil posisi di kerajaan sebagai putera mahkota dimana takhta kembali dipegang shin. chae-kyung yang tampaknya sudah memulai membuka hatinya selain kepada shin terkejut dengan pernyataan yang diberikan adik shin yang masih kecil di TV dan berteriak kepada shin ketika shin dan adiknya sedang melakukan parade. kemudian ketika ia hendak masuk ke istana, chae-kyung dihadang oleh penjaga dan lagi-lagi dibantu oleh yul untuk bisa masuk dimana ketika ia hendak masuk gerbang istana, ia bertemu dengan shin. mereka terlibat pembicaraan dan kemudian berciuman dan berpelukan di gerbang yang disaksikan oleh publik. rakyat yang melihat kemudian bertepuk tangan. akhirnya ditutup dengan chae-kyung memegang tangan shin seperti bersiap untuk masuk kembali ke istana.

jadi berakhirnya komik ini tanpa penjelasan apakah chae-kyung dan shin akan menikah kembali atau tidak. akan tetapi saya menyukai bagian dimana rakyat yang melihat shin dan chae-kyung berciuman bertepuk tangan yang saya artikan sebagai rasa senang rakyat bahwa putera dan puteri mahkota akan bersatu kembali walaupun mereka sudah bercerai. selain itu, yul disini juga akhirnya bersama dengan oh mi roo, puteri kaya yang dijodohkan dengan yul dimana awalnya sangat sombong. pada buku terakhir digambarkan yul sedang di bandara dan mi roo datang menyusul. saya tidak tahu mereka membahas apa tetapi akhirnya yul memeluk mi roo gegege. sedangkan hyo rin juga mendapatkan pasangan yang tidak lain adalah adek cha-kyung sendiri. berbeda dengan dramanya dimana adek chae-kyung masih kecil, pada manhwa ini adek chae-kyung hanya berbeda usia satu tahun.

akhirnya setelah semua peraturan dan konspirasi istana, serial ini berakhir juga. sampai saat ini saya baru membaca komik goong hingga volume 24 chapter 156. semoga dalam waktu dekat ini, ada orang atau scanlation group yang berbaik hati menerjemahkan hingga akhir volume 27.

catt: review singkat tentang tamatnya goong ini hanyalah berupa intuisi saya saja dan bisa saja ada kesalahan. jika ada diantara teman-teman yang memiliki keakuratan cerita dari goong ini, silakan beritahu saya dan dengan senang hati akan saya ralat. terimakasih.

8 comments:

  1. penasaran ma endingnya…

    ReplyDelete
  2. endingnya sama kaya prediksi di atas :D
    tapi emang mahwanya berbelit belit

    ReplyDelete
  3. berbelit2 sekaliii..sampai nangis semalaman pas udah baca yg volume 15-16 pas mereka cerai..wtf bgt penulisnya kenapa harus bercerai..di fikiran aq waktu itu pengen bantai penulisnya..hhhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga baca nya skip skip gitu pas bagian mereka udah cerai.. ga suka banget pakai acara cerai gitu :')

      Delete
  4. klo mau cari komik korea tapi yang masih tulisan hangel di mana ya?? tolong di share infonya gomawoyo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya cari disini, tapi ini harus didownload gak bisa baca online
      http://love-manhwa.blogspot.com

      Selain itu kalau untuk online dan ada raw nya, lebih banyak yang japanese, saya biasanya buka
      mangasky.com
      raffmanga.ch

      Semoga membantu :)

      Delete
  5. apakah volume 27 ini sudah ending??

    ReplyDelete
  6. sempet sebel krna alurnya panjang bgt ga kaya drama tp akhrnya malah keterusan.. :D

    ReplyDelete