Sunday 10 June 2012

jangan. paksa. saya

12 Februari 2012

hari itu saya belajar dari adik-adik sepupu saya. Selama ini dalam pikiran saya, sinetron indonesia, reality show di indonesia udah gak ada yang mendidik lagi.. semua menceritakan segala macam kekerasan, keburukan, bullying, dan lain-lain, dan sebagainya.. tidak ada sedikitpun moral cerita yang bisa dipetik. akan tetapi adik2 sepupu saya yang sedang menonton di MNC-TV yang dulu bernama di TPI menyadarkan saya. jujur stasiun tv ini benar-benar stasiun TV yang paling jarang saya lirik. stasiun tv ini benar-benar tidak memberikan suguhan tontonan yang menarik bagi saya, dari segi akting, konten, dan semuanya tidak ada yang menarik. saya tidak terlalu ingat, film apa yang ditonton adik2 saya itu tapi yang paling berkesan bagi saya itu adalah film anak2 yang sedang bermain bola di perkampungan. bagaimana mereka bertengkar karena permasalahan kecil. bagaimana mereka berbaikan. semua terasa begitu nyata. suasana perkampungan tanpa ada rumah mewah dengan segala pilar mewahnya yang bagi saya tidak mencermin keadaan nyata negeri ini.

bukan karena menganggap negeri ini tidak sejahtera tetapi keadaannya adalah daripada rumah mewah dengan pilar2 mewahnya bukannya lebih banyak rakyat yang tinggal di rumah sederhana tetapi mebuat rindu, sederhana, dan tidak menjulang tinggi dengan kesombongannya? film itu mengajarkan persahabatan antara anak SD, bagaimana merangkul temannya yang dulu adalah tukang bullying. film itu benar-benar film sederhana dengan akting yang biasa saja tetapi membawa moral yang banyak dan ditonton oleh adik2 saya sehingga semoga mereka mendapatkan pesan moralnya. film itu tidak akan sama dengan sinetron indonesia yang lain dengan taburan bintang terkenal dengan akting yang saya yakin telah diasah dan dipoles tetapi TIDAK dimanfaatkan dengan baik.

hebat ya stasiun tv yang saya anggap sangat tidak menarik berhasil menghadirkan film dengan konten yang sangat baik untuk pendidikan seorang anak. bagaimana jika tante saya berpikiran sama dengan saya dan hanya mau menonton tv kabel berbayar yang menghadirkan segala budaya baratnya? tentunya adik2 saya ini tidak akan menonton film yang memiliki pesan moral yang baik ini. saya sangat berharap film-film ini akan banyak dihadirkan untuk adik2 saya dan anak2 kecil lainnya sehingga mereka memiliki contoh untuk berteman, perdamaian dan bukannya bullying, kata-kata kasar dan lainnya.

pelajaran yang saya petik hari itu:
ternyata masih ada kok film di tv yang menghadirkan pesan moral yang baik


tapi saya punya the only exception for this lesson yaitu sinetron dan reality show. JANGAN. PAKSA. SAYA.

No comments:

Post a Comment