Tuesday 7 May 2013

Berbagai Macam Kuas Make Up

saat ini saya sedang sangat menaruh perhatian pada dunia make up. mungkin karena saya sudah semakin beranjak dewasa sehingga saya jadi mulai memperhatikan tampilan dimana sebelumnya saya hanya bodoh amat, pokoknya ga kusut, lanjut..

nah ketika saya sedang mencari-cari informasi terkait make up ini, saya jadi diperkenalkan dengan nama nya kuas make up. baru saya pahami juga bahwa kuas make up ini adalah alat make up yang penting yang dimiliki cewek. ketika saya mencoba mencari informasi terkait kuas ini, saya tidak menemukan informasi yang banyak dan serba ada di satu situs, sehingga sekarang saya mencoba merangkum apa yang saya dapatkan terkait kuas-kuas make up ini.


yang pertama yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara merawat kuas-kuas make up ini.
1. bersihkan kuas-kuas seminggu sekali dengan air yang memiliki temperatur ruang dan menggunakan sabun dengan konsentrat pembersih sedang (misalnya shampoo baby)
2. tuang satu tetes sabun pembersih ke bulu kuas dan usapkan hingga berbusa sedikit
3. bersihkan bulu-bulu kuas, tetapi jangan sampai terkena bagian besi atau bagian pegangannya
4. bersihkan bulu-bulu dari busa-busa sabun sampai bersih banget
5. keringkan dengan handuk kering dan biarkan kuas di atas handuk semalaman dalam keadaan tidur

selain itu, saya lihat kuas ini ada yang panjang dan yang pendek tangkainya.. apa bedanya? bedanya hanya sesuai nyaman di tangan kita yang makai aja. misalnya, kalau tangan yang makai kecil, mungkin akan lebih nyaman pakai tangkai kuas yang pendek, jadi ini dikembalikan ke pemakai saja, mana yang lebih nyaman dipakainya

kalau merek apa sih yang bagus untuk make up ini? ini tergantung budget dan pemakainya aja sih.. kebanyakan setelah saya cari tahu yang bagus itu ada MAC. MAC ini emang bagus, tapi harganya ga kukuuu.. mahal banget.. kalau saya sendiri coba masami shouko, harganya gak begitu mahal, kuasnya cukup lembut. well, saya tertarik sih mau coba beli kaya Sigma, MAC, Ecotools, Everyday Mineral tapi sekarang saya pakai masami shouko dulu deh. pertimbangannya, saya baru belajar make up dan harganya sangat terjangkau untuk saya yang mahasiswa. nanti kalau udah kerja, biar makin jago dan seiring bertambah usia, saya mau membeli kuas yang lebih bagus untuk muka saya yang semakin ga tahan banting seiring bertambahnya umur saya :P selain itu, masami shouko ini bener-benar ada dimana-mana dalam artian mudah didapat dan harga terjangkau.

oya, hati-hati kalau teman-teman mau beli kuas di online shop, soalnya banyak yang gak ori tapi ngakunya ori.. kan sedih aja kalau ngeluarin duit banyak tapi ternyata gak ori dan bikin lecet wajah. jadi cek dulu kalau mau beli di online shop, gak usah parno juga karena saya sendiri juga belanja online dan sejauh ini saya puas dengan perbelanjaan online, tapi ya gitu, nyari tau dengan pasti dulu dengan toko online nya, recommended seller.

untuk penyimpanan kuas yang hemat silakan simpan didalam gelas dengan bulu kuas menghadap ke atas. kalau teman-teman dalam perjalanan, bisa menggunakan penyimpanan kuas yang berbentuk gulungan dengan banyak slot untuk masing-masing kuas.

selanjutnya, mari kita masuk ke bagian inti pos ini yaitu berbagai macam jenis kuas. sebenarnya dengan sedemikian banyaknya kuas yang ada, kuas-kuas ini hanya terbagi menjadi 3 kategori besar, yaitu kuas untuk mata, wajah, dan bibir. untuk lebih jelasnya, kuas dengan bentuk ini fungsinya apa, silakan teman-teman intip situs MAC ini. situs brilian ini menjelaskan dengan rinci lengkap dengan gambar, kuas apa berfungsi untuk apa. cukup klik kuas yang ingin teman-teman ketahui, kemudian teman-teman akan mendapatkan penjelasan berupa:
- area: area mana saja yang bisa digunakan untuk kuas ini (mata, fajah, atau bibir)
- fiber: penjelasan kuas ini berasal dari bahan apa. secara keseluruhan, kuas dapat berasal dari 2 bahan, yaitu natural, berasal dari bulu hewan seperti tupai atau marmut dan sintetik, berasal dari nylon atau taklon atau terkadang campuran dari keduanya. teman-teman bisa berkunjung ke blogger kecantikan satu ini yang menjelaskan dengan sangat rinci kuas dari brand mana yang menggunakan bahan natural dan brand mana yang menggunakan nylon plus keterangan kuas mana yang halal.
- shape: penjelasan bentuk kuas ini, apakah flat (datar) atau round dan sebagainya
- use: penjelasan super penting tentang penggunaan kuas tersebut dan fungsinya



nah dari sekian ratus kuas yang ada dan tersedia, kuas apa saja sih yang harus kita miliki sebagai pemula? berdasarkan apa yang saya butuhkan, maka saya membutuhkan kuas eyeshadow untuk mengaplikasikan eye shadow, kuas blending eyeshadow, kuas blush brush (dengan bentuk miring yang juga saya manfaatkan untuk shading hidung dan shading wajah, dengan alasan: ngehemat :P) walau saya sangat-sangat tertarik dengan paket kuas yang tersedia, banyak info yang menyatakan membeli kuas individual lebih baik karena kualitas nya lebih baik daripada kuas yang dijual dalam bentuk paket. dan berhubung saya masih pemula dan belajar menggunakan kuas, maka 3 kuas diatas sudah dapat memenuhi kebutuhan saya saat ini.

semoga info terkait kuas-kuas ini bisa membantu teman-teman seperti saya yang baru belajar tentang make up untuk lebih paham fungsi setiap kuas yang ada. berhubung saya masih pemula, mohon maaf jika ada yang salah info dan saya sangat mengharapkan teman-teman yang lebih ahli untuk mengoreksi saya jika saya salah

No comments:

Post a Comment