Tuesday, 24 September 2013

Rekomendasi Komik Tamat Part III


setelah pos saya terkait rekomendasi komik yang INI dan INI yang ternyata mengundang banyak pembaca, saya akan membuat rekomendasi komik lagi hehehe.. seperti biasa, komik yang akan saya rekomendasikan memiliki genre romantis dan sesuai selera saya. bicara soal selera, saya merasa kalau sekarang saya jadi sangat amat pemilih dalam membaca komik, kalau ceritanya biasa aja, atau yang udah ketebak alurnya pasti gak saya lanjutkan baca, padahal saya dulu tipe yang kalau udah baca harus saya teruskan

balik lagi soal komik yang akan saya rekomendasikan, saya akan merekomendasikan komik yang sudah tamat dan biasanya belum tamat atau belum diterbitkan di indonesia, sehingga teman-teman bisa mencari scan nya secara online di situs-situs penyedia komik online.

yang membedakan part ini dengan yang sebelumnya adalah jumlah volume komiknya. jika pada part i saya banyak memberikan komik yang tamat dalam beberapa volume saja, edisi ini untuk beberapa komiknya tamat dalam puluhan volume, tapi tenang saja, tetap ada yang sedikit kok volumenya ehehehe

baiklah tanpa memperpanjang lagi, berikut beberapa komik tamat yang saya rekomendasikan part III. urutan komik di bawah ini acak dan silakan klik judul komik kalau ingin melihat keterangan lebih lengkap dari mangaupdates.com. selain itu, di pos ini saya juga sudah menyertakan genre komik seperti shoujo, josei, drama, dan sebagainya. bagi teman-teman yang belum paham artinya bisa dilihat DISINI untuk penjelasannya.

1. Absolute Witch

Pengarang: Kim Tae Yeon
Genre: petualangan, komedi, fantasi, historikal, romansa, shoujo
Jumlah Volume: 12 (tamat)

komik atau lebih tepatnya manhwa ini salah satu dari sedikit komik korea yang saya suka. jujur walau banyak baca komik korea, tapi kebanyakan membingungkan atau ceritanya agak tipikal, seperti manhwa-manhwa karangan Han Yu Rang atau Hwang Mi Ri (yang digosipkan keduanya bukan seorang mangaka-pembuat komik, tapi sekelompok orang yang membuat cerita dengan deadline yang "gila" karena keduanya bisa menghasilkan komik jauh lebih banyak daripada yang biasanya mampu dibuat seorang mangaka)

tapi jangan salah, saya tetap suka baca komik-komik korea, beberapa yang sudah terbit di Indonesia dan yang saya suka adalah Four Daughters of Armian (tamat volume 14), Goong (tamat volume 27 dan ada ekstranya volume 28, walau saya belum nemu inggrisnya huhu), Princess (yang ini masih belum tamat), dan banyak judul lain yang juga belum tamat tapi saya suka pake banget.

balik lagi ke manhwa absolute witch ini, gambarnya bagus, ceritanya bagus jadi tidak ada ruginya mencoba membacanya. bercerita tentang bayi perempuan yang dibuang dan kemudian diangkat anak oleh sekelompok pensiunan bajak laut hingga ia menjadi remaja dan kemudian karena suatu peristiwa ia menikah dengan pemuda yang menginap di penginapan yang dikelola oleh ayah angkatnya. pemuda ini kemudian menghilang dan ia memutuskan untuk mencari pemuda yang secara hukum merupakan suaminya tersebut. di perjalanan ia bertemu dengan janda wanita yang kepo tapi baik hati yang menawarkan tumpangan. disana pula ia bertemu dengan seorang alkemis yang arogan tetapi memiliki kemampuan yang luar biasa. ketika sang gadis berusia 16 tahun, gadis ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan ternyata merupakan satu-satunya penyihir yang tertinggal di dunia ini. dan kemampuannya sebagai penyihir tidak bisa berkembang sepenuhnya kecuali mendapatkan bantuan dari penyihir lain. akibatnya, kemampuan sihir sang gadis tidak stabil dan secara misterius pemuda alkemis arogan mampu menstabilkan kemampuan sihirnya. siapakah pemuda alkemis ini sebenarnya? mampukah sang gadis menyelamatkan dirinya dikala ia dikejar oleh organisasi penyihir pria karena ia merupakan satu-satunya penyihir wanita? bagaimana dengan pemuda yang menjadi suaminya tersebut? kepada siapa gadis ini menampatkan hatinya? silakan baca manhwa ini untuk menjawab semua pertanyaan tersebut

ps: saya gak tahu komik ini sudah terbit apa belum di indonesia, tetapi scan lengkap dalam bahasa inggris bisa ditemukan di berbagai situs baca komik online

2. Gakuen Alice

Pengarang: Higuchi Tachibana
Genre: aksi. petualangan, komedi, drama, fantasi, misteri, psikologis, romansa, kehidupan sekolah, shoujo, supernatural, tragedi
Jumlah Volume: 29 (tamat)

kalau manga ini rasanya sudah cukup terkenal, apalagi anime nya juga cukup sukses di kalangan pecinta komik. saya gak tau kalau yang kurang suka komik gimana, tapi sebagai seorang yang gemar baca komik jelas nama higuchi tachibana sensei gak asing lagi. jika teman-teman pernah membaca komik M & N yang bercerita tentang seorang cewek yang masokis dan cowok yang narsis, maka komik gakuen alice juga menghadirkan komedi yang serupa tapi dengan alur cerita yang lebih kompleks dan juga banyak adegan mengharu biru ataupun sedih. bercerita tentang anak perempuan 10 tahun yang pergi ke tokyo menyusul teman dekatnya yang masuk akademi yang mengharuskan ia untuk tidak berhubungan dengan orang tuanya. ketika sampai di gerbang akademi, ia diganggu oleh beberapa preman yang hendak menipu dan ditolong oleh seorang laki-laki agak centil. disini pula ia bertemu anak laki-laki yang menggunakan topeng yang ternyata merupakan hukuman bagi anak laki-laki tersebut karena ia selalu ingin kabur dari akademi tersebut. ternyata laki-laki centil yang menolongnya tersebut merupakan guru di akademi tersebut dan berusaha untuk memperdayai anak perempuan tersebut dengan kemampuan alice yang dimilikinya. ternyata anak perempuan ini tidak terpengaruh sama sekali dan anak perempuan ini ternyata merupakan seorang alice yang memiliki kemampuan tidak terpengaruh dengan alice orang lain. akhirnya anak perempuan ini berhasil masuk ke akademi dan bertemu dengan teman dekatnya. tetapi teman dekatnya justru pura-pura tidak kenal dengannya. mengapa anak perempuan ini dijauhi oleh teman dekatnya tersebut? berhasilkan ia kembali berteman dengan temannya dan dengan kelasnya yang tidak menyambut ia dengan baik akibat ia menghina anak laki-laki bertopeng yang ternyata sekelas dengannya? apa yang harus ia lakukan ketika ia dipasangkan dengan anak laki-laki bertopeng tersebut? silakan baca komik ini jika ingin tahu kelanjutan ceritanya

oya dengan genre tragedi, tentu saja ada adegan sedih dan meninggalnya salah satu karakter, tapi komik ini, sekali lagi, sangat layak untuk dibaca, dengan catatan:

  • walaupun tokoh utama dalam komik ini berusia 10 tahun, jelas komik ini bukan diperuntukkan untuk anak seusia 10 tahun dengan kompleksitas masalah yang mereka alami. bahkan banyak yang memprotes bahwa usia tokoh utamanya akan lebih baik kalau sudah SMA ataupun minimal SMP akhir
  • tamat komik ini sangat menggantung. cerita ini diawali dan diakhiri dengan niat yang sama dari tokoh utama. saya pernah membahas tamatnya komik ini di beberapa pos sebelumnya DISINI

selain 2 catatan tersebut, saya tidak melihat adanya masalah dalam membaca komik ini dan komik ini sedang diterbitkan di indonesia walau saya kurang tahu sekarang sudah volume berapa (maaf saya kurang update dengan komik nyata akhir-akhir ini)

3. Wedding Season 1 dan 2

Pengarang: Lin Yu Chin
Genre: komedi. historikal, romansa, shoujo
Jumlah Volume: 2 volume di season 1 dan 2 volume di season 2 (tamat)

sebenarnya manhua ini baru season 1-nya saja yang sudah tamat dan lengkap diterjemahkan dalam bahasa inggris. sedangkan season 2-nya sedang diterjemahkan oleh friendship scans tetapi teman-teman bisa menemukan RAW-nya dengan googling jika penasaran akan tamatnya. komik ini cukup saya rekomendasikan walaupun buku kedua dari season 1 saya rasa agak terburu. tapi secara keseluruhan saya  suka banget dengan alur cerita komik ini, begitu pula dengan gambarnya yang bagus hehehe

manhua ini bercerita tentang seorang gadis anak pejabat kota yang ketika lahir diberikan ramalan bahwa untuk hidup senang ia harus menikah dengan pria berwajah jelek. menolak ramalan, sang gadis menantang ayahnya dengan ia mencari suami sendiri. mengetahui tabiat anaknya yang seperti laki-laki dan membuat mundur banyak laki-laki, ayahnya menyetujui tantangannya dan memberikan waktu satu bulan. jika dalam satu bulan, ia tidak berhasil mencari suami, maka ia harus menikah dengan lelaki jelek pilihan ayahnya. bertualang di kota berusaha mencari laki-laki yang dapat menjadi suaminya, ia justru terjatuh ke kolam dikarenakan anjing seorang pemuda pelajar. sebagai balasannya, ketika pemuda tersebut menawarkan bantuan, ia justru menarik pemuda tersebut sehingga masuk ke kolam juga. sementara itu sang gadis juga bertemu dengan pemuda lain yang mengajar menulis untuk penduduk sekitar. berhasilkah gadis mendapatkan lelaki idamannya? siapakah yang dipilihnya menjadi pasangannya? bersediakah laki-laki tersebut menjadi suaminya? silakan dibaca komiknya. ah mereview komik ini membuat saya jadi mau baca ulang hehehe. komiknya bagus dan sweet dengan karakter tokoh utama ceweknya yang kuat dan tidak feminim sama sekali :D

ringkasan diatas merupakan awal dari season 1 komik ini. sedangkan untuk season 2 melanjutkan cerita dari akhir season 1 yang menggantung yang mengambil cerita 5 tahun kemudian. sejujurnya saya suka banget dengan komik yang bergenre historikal dan pake unsur romansa yang oke hehehe. salah satu komik historikal tetapi belum tamat yang saya rekomendasikan adalah saiunkoku monogatari yang diadaptasi dari sebuah novel dan ada anime nya juga.

ps: saya gak tahu komik ini sudah terbit apa belum di indonesia, tetapi scan lengkap dalam bahasa inggris bisa ditemukan di berbagai situs baca komik online

4.P.A (Private Actress)

Pengarang: Akaishi Michiyo
Genre: drama, josei, romansa
Jumlah Volume: 8 volume (tamat)

komik yang dikarang oleh akaishi michiyo sensei yang gambarnya berciri khas, sekali ngeliat kira-kira langsung tau siapa yang bikin ini bercerita tentang seorang gadis yang bekerja sebagai seorang artis privat dimana ia berpura-pura menjadi seseorang sesuai dengan request dari kliennya. berbagai klien sudah dijalaninnya dimana beberapa menyinggung kehidupan pribadinya seperti ia yang merupakan anak dari salah satu artis cantik di jepang yang tidak pernah menikah dan keberadaannya sebagai anak yang merupakan rahasia. pekerjaannya juga mempertemukannya dengan pria yang kemudian menjadi pasangannya. ia pun kemudian mendapatkan tantangan untuk bekerja sebagai artis di TV yang selalu ia tolak padahal ia sangat mencintai dunia akting. apa yang menyebabkan ia selalu menolak tawaran untuk menjadi artis yang dikenal dan dihargai pekerjaannya? bagaimana pula cara ia mempertahankan hubungannya dengan pasangannya yang juga merupakan seorang private actress dan harus berperan menjadi pacar temannya sendiri bahkan pacar dari ibunya? silakan dibaca komiknya..

ps: saya gak tahu ini sudah terbit apa belum di indonesia tapi beberapa komik michiyo sensei yang sudah terbit di indonesia, antara lain silent eye (tamat di volume 6), dawn aria (masih berlanjut di Jepang), dan sebagainya. komik P.A. ini punya sekuelnya yang berjudul P.A.: Tokubetsuhen dengan 1 volume yang sayangnya belum ditranslate dalam bahasa inggris tetapi RAW nya bisa ditemukan jika teman-teman googling.

5. Youth Gone Wild

Pengarang: Nicky Lee
Genre: komedi, drama, dewasa, romansa, shoujo
Jumlah Volume: 14 volume (tamat)

manhua yang dikarang oleh pengarang yang sama dengan manhua the one yang pernah saya pos DISINI lumayan saya suka dan lumayan sering saya baca ulang walaupun yang jadi pasangan favorit di komik ini bukan si dua tokoh utama melainkan pasangan lain hehehe..

bercerita tentang petualangan seorang gadis yang bertekad membuat band rock berkualitas, ia mulai mengumpulkan anggota dimana salah satunya adalah vokalisnya yang bersuara dahsyat tetapi tidak pernah terjun di dunia musik. komik ini menceritakan dari berbagai aspek mulai dari kehidupan cinta masing-masing anggota band sampai perjuangan mereka menjadi band yang dikenal di negara mereka dengan banyaknya hambatan terutama dari perusahaan manajemen raksasa yang tidak ingin melihat mereka sukses. tapi yaah karena genrenya adalah shoujo jangan banyak berharap tentang perjuangan mereka dari sisi musiknya karena yang lebih dikupas tentu saja masalah cinta dan skandal mereka hehehe. kalau mau lihat perjuangan kelompok band yang berusaha sukses yang emang dibahas dari sisi musiknya yang oke, romansanya juga ada, alurnya oke banget, intinya saya sangat merekomendasikan, teman-teman bisa baca Beck yang lebih bergenre shounen dan sudah diterbitkan di Indonesia dan sudah tamat dengan 34 volume hehehe.

balik ke komik youth gone wild ini, saya gak tahu sudah diterbitkan apa belum di indonesia tapi ya seperti biasa, bisa dibaca di situs-situs penyedia komik online.

6. Be My Sweet Darling

Pengarang: Do-Chan
Genre: komedi, drama, romansa, shoujo
Jumlah Volume: 3 Volume

manhwa atau komik asal korea ini sudah diterbitkan di Indonesia dan pertama kali diterbitkan dalam majalah komik Champ. saya ingat waktu itu saya baca komik ini saya masih SMP dan sekarang saya sudah di tahun terakhir kuliah hohoho.. tentunya sudah lama dan komik ini sudah terlupakan pada mulanya. terus kemaren, pas lagi ubek-ubek situs komik, saya nemu komik ini dan langsung ulang baca. akhirnya jadi suka lagi deh sama ini komik. ceritanya ada yang gantung sih, terus alasan nya menikah juga aneh, tapi ceritanya sendiri cukup lucu dan gambarnya bagus! hahaha..

komik ini bercerita tentang seorang gadis yang merupakan ketua klub drama di sekolahnya dan punya bendahara klub yang "dibencinya" soalnya dia suka marah-marah terus sama ini bendahara. sampai suatu ketika ia melihat si bendahara lagi ngobrol sama cewek yang digosipkan pacarnya si bendahara sehingga ia menyadari perasaannya. ketika mereka kumpul-kumpul, si cewek ini minum-minum sampai mabuk untuk melupakan kejadian yang ia lihat tentang si bendahara dan ceweknya dan akhirnya si bendahara ditugaskan untuk membawa pulang si cewek ketua drama ini. bukannya menjelaskan dimana ia tinggal, ia justru muntah sehingga akhirnya si cowok membawa dia ke kosannya untuk mengganti baju si cowok. ketika diminta untuk memberi tahu alamat rumahnya, si cewek yang masih mabuk ini tidak sengaja menyenggol si cowok sehingga si cowok terbentur meja dan pingsan. si cewek yang terbangun di tengah mabuknya melihat si cowok yang masih berpakaian rapi dan tertidur sehingga ia membuka baju si cowok biar tidurnya nyaman. tak lupa juga membuka bajunya. mereka pun tertidur hingga keesokan paginya, kedua orang tua si cewek yang datang mencari anaknya yang tidak pulang, kaget melihat mereka berdua yang cuma menggunakan baju dalam dan tidur di satu kasur. akhirnya mereka pun dipaksa untuk menikah. nah setujukah orang tua si cowok bahwa anaknya yang dikirim dari desa ke Seoul harus menikah muda? bagaimana hubungan kedua orang tua ini jadinya? silakan dibaca lanjutannya di tempat komik terdekat atau di situs komik online.

7. Tonari no Atashi

Pengarang: Atsuko Nanba
Genre: drama, kehidupan sekolah, romansa, shoujo
Jumlah Volume: 10 volume (tamat)

ketika mau baca komik ini sebenarnya saya membuat asumsi sok tahu bahwa komik ini sama seperti komik-komik tipikal shoujo lain tentang 2 orang teman masa kecil yang masing-masing punya rasa kemudian berada di lingkungan yang berbeda, berpacaran dengan orang lain, dan kemudian bersatu kembali. maka asumsi saya salah besar. tebakan saya juga salah soal endingnya tapi saya sukaaaa. eksekusi endingnya juga bagus. ah intinya ini shoujo yang bagus sekali.

kalau ringkasan singkatnya, anak perempuan 14 tahun yang selama ini memendam rasa terhadap tetangga nya yang lebih tua setahun dan mulai masuk SMA, bertemu manajer klub baseball-nya yang cantik tetapi inferior terhadap hubungan pacaran. anak laki-laki ini pada awalnya terlihat terbawa arus dengan si manajer sehingga membuat anak perempuan berjuang menyampaikan perasaannya. ditolak, anak perempuan tetap menyukai anak laki-laki ini dan menahan rasa pahit setiap kali melihat anak laki-laki bersama pacarnya. apakah anak perempuan akan tetap menahan rasa sakitnya setiap kali melihat anak laki-laki yang disukainya bersama pacarnya? apakah anak laki-laki, tetangganya yang diam-diam selalu memperhatikan dia akhirnya menjawab perasaannya ataukah dia mulai bisa mengobati rasa sakitnya dengan perasaan cinta yang baru terhadap pria lain? silakan dibaca komiknya dan bersiap-siaplah untuk diaduk2 perasaannya hehehe

ps: saya gak tahu komik ini sudah terbit apa belum di indonesia, tetapi scan lengkap dalam bahasa inggris bisa ditemukan di berbagai situs baca komik online saya lihat di gramedia, komik ini sudah diterbitkan hehehe

8. Tonari no Koibutsu-Kun

Pengarang: Robiko
Genre: komedi, romansa, kehidupan sekolah, shoujo
Jumlah Volume: 12 volume (tamat)

pertama kali saya tahu komik ini justru dari anime yang dikasih teman saya. waktu itu baru eps 1 nya yang keluar. wuih saya langsung suka dan googling anime ini. eh ternyata ini ada komiknya dan setia lah saya mengikuti komik ini. walaupun dalam scan bahasa inggrisnya baru diterjemahkan sampai volume 11, saya yang kepo pengen tahu akhirnya mengikuti ringkasan dalam bahasa inggris yang dibuat Kat, DISINI yang sudah diringkas hingga chapter terakhir komik ini hehehehe.

komik ini bercerita tentang anak perempuan yang sedang dibujuk gurunya yang akan membelikan dia semua buku pelajaran asalkan dia menjenguk seorang anak yang tidak pernah masuk sekolah gara-gara diskorsing waktu baru masuk sekolah. terkena bujukan sang guru, anak perempuan ini pergi mengunjungi tempat tinggal anak lelaki yang diskorsing ini yang ternyata merupakan baseball center. anak lelaki yang dibayangkan serem ternyata sangat lugu dan mudah percaya dengan orang lain. berbeda dengan anak laki-laki tersebut, anak perempuan ini sangat realistis sehingga ia membuat komentar menyakitkan tentang teman-teman anak laki-laki yang memanfaatkan dia sehingga anak laki-laki ini marah. sepulang sekolah keesokan harinya ternyata anak laki-laki ini menunggunya di depan sekolah. apakah yang terjadi berikutnya? apakah anak laki-laki ini akan membalas dendam terhadap sang anak perempuan? dan kenapa, di akhir chapter pertama anak laki-laki ini mencium bibir anak perempuan? penasaran? huhuhu silakan baca sendiri kelanjutan komik ini hehehe..

9. Tenshi Nanka Ja Nai 

Pengarang: Ai Yazawa
Genre: komedi, drama, kehidupan sekolah, romansa, shoujo, kehidupan sehari-hari
Jumlah Volume: 8 volume (tamat)

nah kalau komik yang satu ini siap-siap aja deh diaduk-aduk perasaannya. komik yang dikarang oleh pengarang yang sama yang mengarang nana dan paradise kiss ini emang paling pinter bikin emosi pembaca komiknya teraduk-aduk. bercerita tentang seorang gadis yang menjadi angkatan pertama dari sma yang baru dibuka. di hari pertama ia masuk sekolah, ia melihat pemuda yang bergaya ala yakuza tetapi sedang menolong kucing liar yang kehujanan. tidak masuk sekolah selama beberapa hari awal di sekolah ternyata ia terpilih sebagai perwakilan kelasnya untuk menjadi calon anggota osis pertama di sma tersebut. ternyata ia bertemu dengan pemuda yang bertampang rambo berhati mambo itu. keberuntungan berada di pihaknya dan ia pun terpilih menjadi wakil ketua osis dengan ketua osis si pemuda tersebut. ketika perasaannya dengan jelas kadang terlihat, ia menemukan sebuah kado bertuliskan nama perempuan. ketika sudah lebih dekat dengan pemuda ini, sang gadis bertemu dengan adik perempuan pemuda yang bernama sama dengan nama untuk kado tersebut. akan tetapi tanpa gadis itu ketahui, adik perempuan ini berkata bahwa ia membenci perempuan yang bernama sama dengannya. siapa sesungguhnya perempuan yang disukai sang pemuda? bagaimana nasib cinta pertama sang gadis? silakan dibaca komik yang tamat di volume 8 ini =)

ps: saya gak tahu komik ini sudah terbit apa belum di indonesia, tetapi scan lengkap dalam bahasa inggris bisa ditemukan di berbagai situs baca komik online

10. Fukuyadou Honpo

Pengarang: Yuchi Yayomi
Genre: komedi, drama, josei, romansa, kehidupan sehari-hari
Jumlah Volume: 11 volume (tamat)

jika teman-teman suka cerita ashita no ousama yang pernah saya bahas di rekomendasi komik part 1, maka teman-teman pasti suka dengan komik yang satu ini! okee gambarnya terutama di awal-awal chapter gak bagus-bagus amat tapi gambarnya makin bagus seiring dengan semakin banyaknya chapter komik ini. cuma satu yang saya gak suka di komik ini, mata para tokohnya terutama tokoh cewek nya agak menganggu, matanya gak berbicara (caila gaya amat ya bilang berbicara segala hahaha). tapi kalau teman-teman baca komik ini pasti paham dengan maksud saya. matanya gak bisa menunjukkan kepada pembaca apa maksud sebenarnya dari tokoh komik ini, jadi harus baca percakapannya dengan baik kalau pengen paham. TAPI selain satu kejelekan ini - yang bisa saya pahami mengingat ini komik pertama mangaka ini - komik ini KEREN banget!

bercerita tentang 3 gadis bersaudara yang merupakan penerus dari toko yang menjual wagashi di kyoto. toko ini sendiri sudah berusia 400 tahun lebih dan sudah diturunkan turun temurun sehingga ibu dari ketiga gadis ini berusaha untuk menjaga keberlangsungan toko. karena genrenya sendiri adalah josei, maka jangan berharap menemukan cerita cinta romantis ala buku dongeng di komik ini tapi cerita cinta yang mendewasakan dan dalam hal ini membuat saya jauh lebih meleleh karena lebih terasa nyatanya. 11 volume dari komik ini berhasil menuangkan cerita cinta dari 3 gadis ini dengan baik, tidak terburu, dan adanya perkembangan baik itu perkembangan ceritanya maupun perkembangan karakter yang semuanya tereksekusi dengan baik. cerita ini juga gak cuma berputar diantara cinta dengan pasangan tetapi juga cinta diantara 3 gadis ini yang kadang juga menimbulkan kecemburuan satu sama lain, ikatan hubungan mereka yang menjadi ibu tunggal dikarenakan ayahnya yang sudah meninggal, ikatan mereka dengan toko dan wagashi, dan kehidupan sosial mereka. abaikan beberapa hal fisik di ending yang tidak saya sukai seperti rambut 2 dari 3 gadis itu menjadi aneh, saya cuma bisa berkata komik ini luar biasa terutama untuk saya yang sudah bosan membaca komik-komik "aku suka senpai tapi senpai punya cewek lain yang disukai, ketika aku dan senpai bersatu dan mau berciuman ada saja yang menghalangi, atau kemudian datang cewek lain yang super cantik dan pintar yang ternyata merupakan cinta pertama senpai". hahaha bukan tidak suka, tapi seiring lamanya saya membaca komik dan bertambahnya usia saya, tipe-tipe komik ini menjadi saya tinggalkan.

ps: lagi-lagi saya tidak tahu apakah komik ini sudah diterbitkan di indonesia apa belum tapi teman-teman bisa membacanya di berbagai situs penyedia komik online


fyuh akhirnya selesai juga target 10 komik yang saya review di part iii ini. sejujurnya ada beberapa komik yang saya ragu, ada beberapa yang bagus tetapi menurut saya tidak akan disukai oleh banyak pembaca, ada yang saya ragu secara kesukaan saya rasanya belum pas masuk ke daftar ini sehingga akhirnya dengan puas saya nyatakan bahwa 10 komik ini sudah melalui seleksi kepuasan saya, gambar oke, alur bagus, perkembangan karakter oke, volumenya oke, tidak bertele-tele *batuk*special a contohnya*batuk*, romansanya dapat, dan yang paling penting saya suka bacanya hahaha.. selamat menikmati dan selamat membaca =) jika ada yang mau komen soal komik-komik ini dan komik-komik lain, silakan,, saya tunggu!!

10 comments:

  1. Wah aku suka genre komik yg seperti itu.. g bosen jadinya klo baca... lanjutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih udah baca blog saya ya ^^

      Delete
    2. Btw ada yang bhsa indo?

      Delete
    3. Kalau scan di internet yg bahasa indo saya ragu, yg saya lihat ada bahasa indonya tapi komiknya sendiri belum tamat ada kimi no todoke sama l-dk, kalau komik lain dengan genre shoujo atau josei saya belum menemukannya..

      Kalau dari komik yang saya rekomendasikan di atas, ada 3 komik setau saya yang sudah terbit di indonesia, be my sweet darling (tamat), tonari no atashi sama gakuen alice masih ongoing terbitnya di indo..

      Delete
  2. Kira kira komik Romantica Clock uda terbit di indonesia blom ? Yg bahasa indonesia ?

    ReplyDelete
  3. malem kak, saya udah cari link P.A. Tokubetsuhen di google tapi semuanya mati... kakak ada linknya yang hidup? makasihhhh:)

    ReplyDelete
  4. Huaah nemu rekomen komik dan nemu ini bahagia banget karena banyak banget yang belum saya baca ternyata. Biasanya saya baca komik ga pernah pilih-pilih asal ceritanya bagus dan engga flat. fufufu.. Dan kalau nyari di salah satu website manga online gitu saya selalu beracu pada pengarang. pernah ngasal ngebuka dan hasilnya zonk mengecewakan XD meski kadang lihat berdasarkan popularitas malah kebanyakan yang echii ceritanya XD

    ReplyDelete
  5. Kyaaa.. Tonari no koibutsu-kun nya bener bener gregeet >< nice recomendation! Thanks min

    ReplyDelete
  6. boleh minta tolong gak? aku lagi cari judul komik, ceritanya tentang cowok (dia kaya pangeran entah artis luar negeri deh kayaknya) yang belum pernah mau sama cewek akhirnya jatuh cinta sama cewek biasa terus tu cowok akhirnya nikahin tu cewek. salah satu part yg aku ingat dia bilang ama bawahannya di pesawat saat ajudannya tanya kenapa dia terlihat bahagia, walaupun dia belum tidur dengan cewek itu tapi dia sudah tidur bersama dan cewek itu tidur di lengannya dan dia senang karena merasa kalau lengannay seperti sudah ditakdirkan untuk pas sekali buat tu cewek. nanti ada part dimana mereka pisah dan cowok itu mrah banget dan dikira cewek mengkhianati dia sampek mereka dipertemukan lagi dan tu cowok itu niduri tu cewek tapi dengan kemarahan (dikiranya tu cewek sudah ngelepas perawannya sama org lain, ternyata pas mereka ngelakuin itu cewek masih perawan) ada yang tau gak judulnya apa? aku juga lupa banget rilis kapan kayaknya si dibawah tahun 2013 deh .... tolong ya terimakasih banyak

    ReplyDelete
  7. wahawahhhahhaaa sama saya juga langsung terperanjat pas lihat Tonari no Kaibutsu-kun baru episode 1 langsung jatuh hati saya awawawaw apalagisi Haru yang tampannn~ #maaf saya agak lebay

    ReplyDelete